Mengenal Batu Mulia Jasper Merah yang Langka

Ahad, 18 Januari 2015 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Batu Jasper termasuk batu langka saat ini. Jasper secara geologis merupakan batuan jenis silika dengan mineral utama kuarsa, bersifat opak yang tidak transparan, mempunyai kekerasan 7 skala Mohs (skala 1 – 10 dengan nilai 10 untuk intan), berberat jenis antara 2,5 dan 2,9 dan umumnya berwarna merah karena campuran besi dari hematit, atau berwarna kuning dan coklat.

Di Pasirgintung, bongkahan batu Jasper tersebar di Sungai Cimedang yang sebagian teronggok di perkampungan dan persawahan. Batu-batu ini banyak dijumpai terselip di antara batu lava basal dan breaksi dari hasil letusan gunung api purba. Di Tasikmalaya selatan, pada masa Oligo-Miosen 25 juta tahun yang lalu merupakan jajaran gunung api purba Jawa Barat yang sebagian berada di bawah laut. Diperkirakan abu-abu gunung api yang dimuntahkan dan terendapkan di laut menjadi sumber terbentuknya batu jasper setelah mengalami proses pemanasan secara hidrotermal selama berjuta-juta tahun lamanya.

Batu-batu merah nan eksotis yang terbentuk berjuta-juta tahun itu mulai menghilang berpindah tempat sejak tahun 2002 lalu. Saat ini hanya tersisa berpuluh bongkah batu jasper besar saja yang jika tidak segera diamankan, akan hilang lenyap pula dari Kecamatan Pancatengah. Karena sebelumnya, puluhan ton batu Jasper ini telah dijual keluar, bahkan sampai keluar negeri sehingga harga menjadi mahal. [**din]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT