Perempuan Berselulit Jadi Incaran Bintang Iklan Kebugaran

Jumat, 16 Januari 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Keringat menetes dari wajah memerah, pukulan gembira menghantam udara, kaki dipenuhi lumpur, terjatuh dalam kelelahan. Fitur-fitur klasik olahraga menyoroti dan membakar sebuah iklan kebugaran. Namun kebanyakan dari kita sering melihat orang-orang dengan kehidupan sebaliknya.

This Girl Can adalah kampanye nasional yang dikembangkan oleh komunitas Sport England. Kampanye ini mengajak perempuan dari segala usia menjadi lebih aktif.

Sekarang, perempuan menjadi subjek tiada akhir gambar-gambar penuh gaya dengan perut terlatih sempurna sambil mengenakan perangkat kebugaran desainer. Meski begitu, cara ini tetap tak berhasil membuat perempuan mau berkeringat. Kemunculan iklan This Girl Can dianggap sebagai terobosan yang mudah diterima.

Menampakkan diri pada di televisi, internet, dan kampanye iklan luar ruangan, iklan ini menghadirkan fitur perempuan sejati dari segala usia dan ukuran berbicara tentang pengalaman mereka.

Mengenakan celana bersepeda pendek yang menonjolkan banyak selulit di tubuh, iklan ini adalah penggambaran kebugaran yang sejati.

Namun, ada alasan serius di balik kampanye. Banyak perempuan tampaknya takut berolahraga. Sport England, badan yang didanai oleh National Lottery di bawah Departemen Kebudayaan, Media, dan Olahraga Inggris, melakukan penelitian.

Penelitian tersebut mengindikasikan bahwa dua juta lebih perempuan tidak lebih aktif dari laki-laki, tapi 75 persen perempuan ingin melakukan lebih banyak. Perbedaan antara kedua jenis kelamin seperti itu tidak ada di negara-negara Eropa lainnya. Jadi apa tepatnya yang menahan perempuan.

“Sebelum kita memulai kampanye ini, sebaiknya kita melihat dengan seksama mengapa perempuan merasa olahraga dan latihan bukan untuk mereka,” kata Jennie Price, CEO Sport England dilansir dari laman Independent.

“Beberapa masalah seperti waktu dan biaya adalah yang paling familiar, tetapi salah satu tema terkuat adalah rasa takut atas penghakiman. Khawatir dinilai karena ukuran yang salah, tidak cukup sesuai dan terampil muncul berulang kali,” ucap Price.

“Setiap perempuan lajang yang berbicara dengan saya tentang kampanye ini memiliki masalah tersebut. Rasa takut bahwa Anda satu-satunya yang merasakan itu adalah hal yang kami tuju.”

Kampanye yang manusiawi

Bintang-bintang iklan kampanye diambil dari lapangan olahraga. Casting director menjelajahi setiap sudut dari taman lapangan di London sampai lapangan di Manchester untuk menemukan perempuan yang tepat. Mereka didekati dan ditanya tentang sikap mereka terhadap kebugaran, serta apa motivasi mereka.

“Tidak ada aktris, tidak ada model, tidak ada riasan airbrushing, itu adalah aturannya,” kata Price.

Iklan berdurasi 30 detik ini memberi pukulan keras lewat slogan “Sweating like a pig, feeling like a fox” dan “I kick balls, deals with it” yang tampil meledak di layar. 

Kampanye ini menerima dukungan penuh dari berbagai lapisan, termasuk para selebriti Inggris. Sport England menilai kampanye This Girl Can dengan sangat serius.

Organisasi itu menghabiskan sekitar £ 200 juta atau sekitar Rp 3,8 triliun dalam setahun untuk infrastruktru olahraga, termasuk fasilitas olahraga, pusat kebugaran, klub olahraga, dan lapangan bermain. Iklan adalah keberangkatan untuk itu.

“Kami bisa mendanai falisilitas terbaik di dunia,” kata Price. “Tetapi jika perempuan berpikir merkea tidak berada di sana, mereka tidak cukup sesuai, merkea tidak memiliki pakaian yang tepat, maka segala usaha tidak akan membuat perbedaan. [cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT