Kenali Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli & Bukan Imitasi

Jumat, 09 Januari 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Batu lapis lazuli asli adalah batu mikro-kristal yang terdiri dari lazurite (25%-40%), alumunium, sodium dan pyrite (warna emas). Karena batu ini terbuat lebih dari satu mineral, batu ini lebih dianggap sebagai ‘batu’ daripada sebuah ‘mineral’. Batu lapis yang langka ini juga sering mengandung calcite (warna putih) dan sodalite (warna biru).

Batu lapis lazuli yang asli memiliki nilai kekerasan 5 sampai 5.5 Skala Mohs, memang tidak terlalu keras maka dari itu gampang lecet atau tergores jika terbentur barang barang yang tajam dan lapisan pelindung batu ini bisa larut atau terkikis jika terkena air. Batu ini juga tidak boleh terkena bahan bahan pelarut atau bahan kimia berbahaya lainnya. Salah satu cara terbaik untuk membersihkannya cukup dengan menggunakan kain lembut yang kering.

Batu lapis lazuli asli kwalitas tertinggi memiliki permukaan biru cemerlang serta hanya sangat sedikit terkontaminasi dengan titik-titik pirit (pyrite), bahkan ada yang bersih sama sekali. Kwalitas yang lebih rendah juga masih tergolong kualitas tinggi dengan warna biru dengan kontaminasi sebaran titik-titik emas sedikit hingga sedang. Sedang tingkat terbawah adalah warna biru dengan sebaran titik-titik putih yang berasal dari kandungan kalsit / kapur (calcyte).

Batu lapis lazuli di Indonesia kadang disebut dengan nama batu nila, lazuardi, atau batu akik lapis. Dewasa ini lapis lazuli di Indonesia kembali marak dan menjadi incaran kolektor batu permata maupun para penggemar fashion sebagai pelengkap gaya dan busana. Namun seiring dengan naiknya pamor lapis lazuli, ternyata kondisi ini juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak ‘nakal’ yang lebih mementingkan keuntungan daripada kejujuran dengan beredarnya lapis lazuli palsu dengan bermacam bentuknya yang bahkan mengalahkan tampilan luar batu lapis lazuli asli.

Langkah awal untuk mengidentifikasi batu lapis lazuli asli atau bukan bisa dilihat dari harganya. Harga memang tidak bisa bohong, umumnya lapis lazuli palsu ditawarkan lebih murah dari harga pasaran lapis lazuli asli. Jadi, jika Anda mendapat penawaran batu lapis lazuli dengan harga murah dibanding lainnya, waspadalah ada kemungkinan itu adalah pertanda atau ciri-ciri batu lapis lazuli palsu.

Ciri-ciri batu lapis lazuli palsu yang dibuat dari polimer umumnya dapat dibedakan dari batu asli dengan merasakan beratnya dan membandingkannya dengan batu asli. Dalam ukuran fisik yang sama, polimer (polymer clay) pastinya lebih ringan daripada batu asli. Cara lainnya boleh dikatakan sama dengan cara mengetahui sebuah batu permata asli atau imitasi.[pbt]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT