'Jantung' iPhone 7 Ada Sentuhan dari Samsung

Selasa, 16 Desember 2014 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Apple dan Samsung boleh saja seperti anjing dan kucing yang terus berseteru, terutama untuk menjadi vendor smartphone nomor satu di dunia. Menariknya, untuk menggapai hal itu Apple masih memerlukan bantuan Samsung.

Ya, menurut Geek (14/12/14), Samsung telah mendapatkan kontrak untuk membuat prosesor milik iPhone 7. Sebelumnya, untuk prosesor A8 milik iPhone 6 dan 6 Plus, Apple mempercayakannya pada TSMC. Lalu apa yang membuat Apple melirik Samsung kali ini?

Rupanya perusahaan Cupertino itu sadar bila saat ini satu-satunya pabrikan yang bisa memproduksi prosesor A9 milik iPhone 7 adalah Samsung. Perusahaan teknologi Korea Selatan itu memang diklaim sanggup membuat prosesor canggih dengan performa dahsyat berteknologi 14nm FinFET.

Prosesor Apple A8 hanya mengusung proses manufaktur 20nm yang pastinya kalah dalam soal performa dengan prosesor A9 14nm. Di samping itu, kehadiran teknologi FinFET dapat membuat prosesor 'anti-bocor', sehingga lebih efisien.

Setelah menerima kontrak tersebut Samsung juga langsung menggenjot produksi prosesor A9 yang berpusat di Amerika. Hal ini cukup beralasan, sebab Apple selalu berusaha merilis iPhone baru setiap tahun.

Apakah kerja sama ini sejenak bisa mengurangi tensi ketegangan di antara petinggi kedua perusahaan? Tapi, satu hal yang pasti, iPhone 7 yang Anda tunggu-tunggu memakai teknologi Samsung sebagai 'otaknya'. [mrd]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT