Nikah Siri, Perwira Polda Riau Terancam Dipecat

Nikah Siri, Perwira Polda Riau Terancam Dipecat

Metroterkini.com - Kompol D, seorang Perwira Polisi yang bertugas di Direktorat Binmas Polda Riau, masih menjalani proses pemeriksaan intensif di Bid Propam terkait nikah siri yang sebelumnya digrebek warga di daerah Sumbar. Atas kejadian tersebut Kompol D terduga pelanggar menjadi pelanggar kode etik profesi kepolisian.

Sebelumnya Kompol D yang diduga berbuat mesum saat tertangkap basah oleh massa dan Propam di Sumbar yang mengaku telah nikah siri dengan selingkuhannya. Diduga, Kompol D telah berkali-kali digrebek oleh massa dan terakhir oleh Propam Polda Riau dan Polres Payakumbuh di Sumatera Barat.

"Atas pelanggaran kode etik yang ia lakukan, Kompol D terancam mendapat sanksi berupa Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau sanksi lain berupa penundaan kenaikan pangkat dan sebagainya," ujar Kabid Propam Polda Riau AKBP Budi Santoso SIk.

Menurut Budi, status pelanggar kode etik itu sama dengan status tersangka, artinya dalam hukum pidana, itu disebut tersangka, sedangkan dalam kode etik kepolisian itu status terperiksa alias pelanggar kode etik.

Sementara terkait informasi adanya ditemukan narkotika dirumah tempat Kompol D berselingkuh dengan pasangannya, Budi menjelaskan, bahwa Kompol D negatif mengkonsumsi narkoba alias bersih.

"Hasil tes urine kemarin, menunjukkan negatif. Artinya, ia tidak terbukti memiliki dan mengkonsumsi narkoba," kata Budi.
Terkait status nikah siri yang diakui oleh Kompol D sudah dilakukannya dengan pasangan wanitanya itu, tak dapat dibenarkan oleh aturan. Karena, sebagai anggota kepolisian, secara aturan ia sudah melakukan pelanggaran.

"Sesuai peraturan kementrian aparatur negara, PNS, TNI dan Polri dilarang menikah siri, artinya yang bersangkutan sudah melanggar peraturan," jelas Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK.
Sampai sekarang, meski tak ditahan, Kompol D masih dalam pengawasan dan pemeriksaan. Ia juga diminta menunjukkan bukti terkait pengakuan sebelumnya, bahwa wanita yang digrebek saat itu, merupakan pasangan nikah sirinya.

"Wanita yang diduga selingkuhannya itu, belum dilakukan pemeriksaan, dan bukti atas nikah siri juga belum ada, nanti kita dalami lagi," terangnya.

Kompol D kedapatan berselingkuh dengan wanita lain disebuah rumah di Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Sumbar, Minggu (7/12/14) lalu. [**]

Berita Lainnya

Index