Diduga Terkait Berita DOS, UPTD Tolak Tanda Tangani Sertifikasi

Kamis, 13 November 2014 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Imbas dari isu pemotongan Dana Operasional Sekolah (DOS) yang dilakukan Kepala Unit Pelanan Tehnis Dinas (UPTD) Kecamatan Batang Cenaku, Inhu, Riau, pengajuan sertifikasi ditolak Ka UPTD. Korban adalah oknum Kepala Sekolah SD Negeri Desa Batu Papan yang di tolak pengajuan sertifikasinya.

Hal ini diakui salah seorang oknum guru SD Negeri Batu Papan Heriati Spd kepada wartawan Rabu,(12/11/14) kemarin. "Saya mengajukan berkas sertifikasi suami saya selaku Kepala Sekolah SD Negeri Batu Papan kepada UPTD yang dijabat Elinarion, tapi ditolak dan beralasan besok saja," papar Heriati.

Menurutnya dari sejumlah guru yang mengajukan sertifikasi, hanya sertifikasi suaminya yang ditolak dan alasan Ka UPTD belum ada waktu. Hal itu menjadi pertanyaan, mungkin karena berbuntut dari tudingan UPTD melakukan pemotongan DOS beberapa waktu lalu.

Dijelaskan lagi, bagi tenaga guru yang sudah mendapatkan dana sertifikasi usulannya cukup diketahui oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri (Kasek SDN) di sekolah tersebut saja, namun bagi kepala sekolah usulannya berkasnya harus diketahui UPTD yang bersangkutan, dalam hal ini Elinarion selaku UPTD Batang Cenaku yang menjabat saat ini.

Akan tetapi, bagi tenaga pengajar (Guru) pada SDN Batu Papan sudah diketahui dan ditanda tangani kepala sekolah Heriswan S.Pd dan berkasnya sudah disampaikan ke Disdik Pemkab Inhu dan sudah dinyatakan lengkap tidak ada masalah lagi.

Namun yang menjadi permasalahan, sambung mantan UPTD Batang Cenaku ini, ketika giliran pengajuan berkas terhadap Kasek Heriswan yang berkas sertifikasinya harus diketahui UPTD Pendidikan Kecamatan Batang Cenaku, mengalami kendala karena Elinarion tidak berkenan menanda tangani berkas pengajuan dana sertifikasi terhadap Kasek Batupapan, Heriswan.

Selanjutnya saat kembali diajukan berkas suaminya Kasek SDN Batu Papan, atas nama Heriswan kepada KUPTD Pendidikan Elinarion, KUPTD Pendidikan Batang Cenaku itu hanya mengatakan “Besok”, setelah ditunggu beberapa hari lamanya, juga tidak ditanda tangani, sementara berkas guru guru sudah selesai dan sudah pula disampaikan ke Disdik Pemkab Inhu guna proses selanjutnya.”katanya.

Heriati dengan nada kesal, KUPTD Pendidikan Batang Cenaku, Elinarion ternyata menaruh dendam, karena beberapa waktu lalu Kasek Heriswan menyoroti masalah pemotongan dana DOS yang diduga dilakukan Elinarion, “Ini dendam namanya” kata Heriati.

Kasek SDN Batu Papan, Heriswan yang dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan, usulan rutin atas namanya untuk mendapatkan dana sertifikasi yang sudah disampaikan kepada KUPTD Pendidikan Elinarion, namun hingga kini belum juga ditanda tangani, sehingga usulan tersebut boleh jadi akan mengalami kegagalan.

Meski demikian, bagi Heriswan tidak menjadi masalah, biarlah dirinya tidak mendapatkan dana sertifikasi yang merupakan menjadi haknya sebagai PNS yang sudah mendapatkan legitimasi dana sertifikasi yang diputuskan oleh Kemendiknas.

Menurut Kasek Heriswan, ternyata apa yang disampaikannya di media beberapa waktu lalu tentang pemotongan dana DOS terhadap sejumlah Kasek, berakibat dendam terhadap dirinya, buktinya usulan berkas sertifikasinya tidak ditanda tangani.

Sementara Kepala UPTD Pendidikan Batang Cenaku, Elinarion, berulang kali dihubungi wartawan, meski nada deringnya masuk namun tidak berkenan mengangkatnya, begitu juga dengan pertanyaan melalui sms, Elinarion pun tidak berkenan menjawabnya. [setia].


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT