Petani Butuh Bibit dan Akses Jalan Usaha Tani

Petani Butuh Bibit dan Akses Jalan Usaha Tani

Metroterkini.com - Bantuan Pemkab Inhu melalui bibit karet dan kelapa sawit, sangat membantu kepada petani. Seperti bantuan karet yang disalurkan ke wilayah Batang Cenaku yang berjumlah 1.8000 batang ke sejumlah desa disana.

Selain itu juga ada diberikan bantuan kedaerah Kecamatan Batang Gangsal seperti racun Herbisida sebanyak 5.200 liter kepada masyarakat petani yang berdomisili di Desa Belimbing, Sungai Akar, Ringin dan Danau Rambai. “kata Kepala Unit Pelayanan Tehnis Daerah (KUPTD) Kecamatan Batang Cenaku dan Batang Gangsal, Kuswidodo kepada wartawan di Pematang Reba, Selasa (4/11/14).

Dijelaskan lagi masih banyak usulan petani yang membutuhkan bantuan bibit, termasuk itu untuk akses jalan peningkatan usaha petani. Hal ini bertujuan untuk kelancaran hasil usaha tani mereka, akan tetapi juga tengah diusulakan.

Seperti masyarakat dari Desa Sungai Akar, Usul, Rantau Langsat dan Talang Lakat Kecamatan Batang Gangsal, mereka masih mengharapkan program bibit bantuan pemerintah lebih ditingkatkan.

Demikian masyarakat petani Desa Kepayang Sari, Anak Talang, Alim, Sanglap, Aur Cina, Talang Bersemi, Sipang Kecamatan Batang Cenaku, dari warga yang berkelompok tani juga membutuhkan hal yang sama dari perhatian pemerintah.

"Artinya bagaimana mereka bisa terbantu dari bantuan bibit, karena kualitas bibitnya yang disalurkan pemerintah itu lebih terjamin. Sehingga hasilnya lebih menjamin ketika produksi," kata Kepala Dinas Perkebunan Inhu H.Hendrizal melalui Kabid Produksi, Paino.SP menanggapi permintaan masyarakat. 

Selanjutnya yang masih dibutuhkan petani disana kata Widodo, mereka juga membutuhkan bantuan pupuk kepada petani, agar kiranya dapat dibantu Pemkab Inhu.

"Jika ada keluhan masyarakat Petani, harus membuat pengajuan berbentuk proposal. Sehingga nanti dipelajari terlebih dahulu, dan melakukan cek lokasi sesuai kebutuhan mereka,“ jelasnya. Dan Pemkab Inhu melalui Dinas Perkebunan Inhu, juga tiap tahun melakukan penyegaran kepada petani dengan memberikan bantuan bibit termasuk pupuk dan Herbisida. Akan tetapi jika masih ada masyarakat yang ingin membutuhkan, tetap ditampung untuk di usulkan kembali. Karena hal ini merupakan program Bupati Inhu untuk peduli petani.

Masih menurut Paino, soal akses peningkatan jalan usaha tani yang ingin untuk di bangun, juga harus di usulkan terlebih dahulu. Sehingga nanti bisa dikordinasikan apakah peningkatan jalan usaha tani ini melalui Dinas PU, atau melalui Dinas Perkebunan,”pungkasnya. [setia]

Berita Lainnya

Index