Pimpinan Definitif DPRD Bengkalis Dilantik dan Disumpah

Pimpinan Definitif DPRD Bengkalis Dilantik dan Disumpah

Metroterkini.com - Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Sarah Louis Simanjuntak, SH, M.Hum, melantik dan mengambil sumpah Heru Wahyudi SH dari Partai Amanat Nasional sebagai Pimpinan definitif DPRD Bengkalis periode 2014-2019, Indra Gunawan Eet MH (Golkar) sebagai wakil ketua,  Zulhelmi SHI (PKS)wakil ketua dan Kaderismanto dari (PDIP)wakil ketua dalam sidang  paripurna istimewa di ruang sidang DPRD Bengkalis, Selasa (21/10).

Hadir dalam sidang paripurna istimewah yang dilaksanakan sekitar pukul 11.00 WIB itu, Bupati Herliyan Saleh, Wakil Bupati Suayatno, serta forum komunikasi pimpinan daerah.

Sidang paripurna istimewa pelantikan pimpinan dewan definitif dipimpin ketua sementara Heru Wahyudi SH dan Wakil ketua Sementara Indra Gunawan Eet MH. Sebanyak 44 dari 45 orang anggota DPRD Bengkalis yang hadir dalam sidang tersebut.

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau yang ditandatangani Plt Gubernur Arsyadjuliandi Rahman tertanggal 14 Oktober 2014, menetapkan Heru Wahyudi SH, Indra Gunawan Eet MH, Zulhelmi SHI, dan Kaderismanto sebagai unsur pimpinan DPRD.

Prosesi pengambilan sumpah tersebut diawali dengan pembacaan surat keputusan Gubernur Riau oleh Sekretaris DPRD Bengkalis Zulfadli. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sarah Louis Simanjuntak SH, M.Hum.

Dalam pidatonya, Heru Wahyudi menyampaikan sejumlah agenda pokok yang akan dilaksanakan oleh DPRD Bengkalis baik dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang lima tahun kedepan, sesuai dengan tugas dan fungsi legislasi.

Diantara agenda mendesak itu adalah membentuk komisi-komisi di DPRD Bengkalis.

Kemudian ujar Heru, yang tidak kalah mendesak adalah membentuk alat kelengkapan dewan yaitu membentuk Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan (BK) dan Badan Legislasi (Banleg).

Untuk komisi-komisi akan segera dilakukan rapat internal untuk membahas hal tersebut, karena unsur dari komisi terdiri ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota.

"Sampai saat ini kita baru membentuk fraksi-fraksi di DPRD Bengkalis yang terdiri dari tujuh fraksi. Sementara untuk alat kelengkapan seperti Banggar, Banleg dan BK maupun komisi-komisi ditergetkan paling minggu depan sudah terbentuk," terang alumni UII Jogjakarta tersebut.

Ditambahkan Heru, dalam lima tahun kedepan, DPRD Bengkalis akan berupaya bekerja semaksimal mungkin dengan mengedepankan azas transpranasi baik dari sisi anggaran maupun kinerja dan produk hukum yang dihasilkan.

DPRD Bengkalis ungkapnya, juga bertekat membangun kemitraan dengan seluruh stake holder di Bengkalis, mulai dari ekskuif, yudikatif dan unsur masyarakat.

"Kita akan berupaya semaksimal mungkin menciptakan harmonisasi hubungan antar lembaga serta dengan kalangan masyarakat. Karena tugas pokok dewan adalah legislasi dan menyerap serta menuangkan aspirasi masyarakat, khususnya mengenai pembangunan," pungkas ketua DPD PAN Kabupaten Bengkalis ini. [rdi]

Berita Lainnya

Index