Inilah Tips Supaya Tanaman Hias Rajin Berbunga

Senin, 05 April 2021 - 19:34:46 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Selain pingin mendapatkan suasana hijau yang segar, beberapa orang memilih tanaman hias yang memiliki bunga untuk menikmati kecantikannya. Siapa sih yang nggak senang, kalau tamannya penuh dengan bunga yang mekar dan warna yang cantik-cantik?

Nah, masalahnya merawat tanaman hias yang berbunga ini kadang cukup tricky. Bisa jadi tanamannya memang sehat dan tumbuh dengan sewajarnya, tapi bunganya nggak tumbuh banyak, atau malah nggak ada sama sekali. Tentunya hal ini jadinya menyebalkan, ya. Pingin melihat bunganya, tapi malah nggak ada sama sekali.

Lalu gimana sih caranya supaya tanaman hias kita ini jadi rajin berbunga? Pertama perhatikan media tanamnya. Setiap tanaman hias memiliki media tanam yang berbeda-beda, disesuaikan dengan sifat dan karakteristik masing-masing. Agar tanaman hias kita rajin berbunga, cari media tanam yang harus cukup mengandung unsur hara, engga terlalu padat, beraerasi baik (penambahan oksigen), bersifat porous (tanah yang mudah atau cepat membuat air meresap), mampu menahan pertumbuhan akar, serta tidak menjadi sarang hama dan penyakit.

Sangat disarankan untuk melakukan re-search mengenai jenis tanaman yang ingin kamu miliki, supaya kamu bisa mempersiapkan hal-hal di atas ini. Karena kadang proses menentukan media tanam yang cocok, perlu beberapakali percobaan. [**]