Gosok Gigi Terlalu Kencang Bikin Gigi Cepat Kuning

Jumat, 26 Maret 2021 - 21:19:04 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tidak sedikit orang yang punya kebiasaan menggosok giginya dengan keras dan sekuat tenaga. Harapannya, agar gigi lebih bersih dan kembali putih.

Tapi cara seperti ini justru salah. Seorang dokter spesialis gigi mengungkapkan bahwa menggosok gigi dengan keras dan kuat justru akan membuat warna gigi semakin kuning.

Drg. Tristan Peh, membagikan pengetahuannya seputar menjaga kesehatan gigi di TikTok dan jadi viral. Dia mengimbau agar orang-orang tidak mengandalkan gosok gigi untuk membuat warnanya lebih putih karena usahanya itu hanya akan sia-sia.

Sebab, gigi yang menguning merupakan sebuah proses alamiah yang dialami setiap manusia, seiring bertambahnya usia. Warna gigi akan tetap jadi kuning, tak peduli serajin dan setelaten apa kamu merawat dan menjaga kebersihannya.

Lewat unggahan video TikTok berjudul 'Let's find out why we have yellow teeth' yang sudah ditonton 150 ribu kali, dokter Tristan menjelaskan bahwa lapisan terluar yang disebut enamel memang berwarna putih. Sedangkan lapisan di bawahnya yang disebut dentine aslinya berwarna kuning.

Ketika enamel terkikis, maka akan menyisakan lapisan dentine yang berwarna kuning. Menggosoknya dengan keras hanya akan membuat gigi lebih cepat menguning bahkan merusak lapisan pelindungnya.

"Banyak orang mengira menyikat gigi lebih kuat akan membuat gigi jadi putih. Padahal cara itu akan mengikis lapisan enamel. Ketika enamel menipis, gigi jadi terlihat lebih kuning dan lebih sensitif," tuturnya.

Dokter Tristan menyarankan agar menggosok gigi secara lembut menggunakan sikat berbulu halus. Gosok dengan gerakan memutar, termasuk gusi juga perlu dibersihkan.

Jika ingin membuat gigi lebih putih, sebaiknya datang ke dokter gigi untuk perawatan khusus. Beberapa metode memutihkan gigi yang umum adalah dengan bleaching dan harus dilakukan oleh tenaga profesional. [**]