Sebelum Lengser Trump Ternyata Sudah Disuntik Vaksin

Selasa, 02 Maret 2021 - 15:04:23 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Mantan Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump dan istrinya, Melania diketahui telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 sebelum resmi lengser dari jabatannya.

Seorang mantan penasihatnya menyebut bahwa Trump dan Melania telah disuntik vaksin pada Januari, sebelum resmi meninggalkan Gedung Putih.

"Presiden Trump dan ibu negara divaksinasi di Gedung Putih pada Januari," kata penasihat itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut seperti mengutip AFP.

Sementara itu rivalnya dalam pilpres 2020, Joe Biden disuntik dosis pertama vaksin corona pada 21 Desember 2020. Biden dilantik secara resmi sebagai presiden menggantikan Trump pada 20 Januari.

Saat kemunculan perdananya usai lengser, Trump dalam pidatonya mengatakan setiap orang di Amerika harus divaksinasi.

Lebih dari 500 ribu orang di AS meninggal karena infeksi Covid-19. Di tangan Trump, AS menjadi negara dengan kasus dan angka kematian tertinggi di dunia akibat virus corona.

Trump yang selama ini kerap meremehkan pandemi diketahui positif terpapar Covid-19 pada awal Oktober lalu. Ia sempat mendapat perawatan di rumah sakit militer Walter Reed.

Tim dokter saat itu sempat memberikan dexamethasone dan oksigen untuk membantu fungsi kerja paru-paru Trump. Ia sempat beberapa kali mengalami penurunan kadar oksigen sementara.

"Saya pikir ini adalah berkah dari Tuhan. Itu adalah berkah terselubung," kata Trump, merujuk pada pengalamannya menerima kombinasi eksperimental obat yang diberikan di RS Militer Nasional Walter Reed.

Setelah mendapat perawatan selama enam hari, Trump kembali ke Gedung Putih kendati belum dinyatakan sepenuhnya dinyatakan terbebas dari gejala Covid-19.

Pada 8 Oktober, dokter kepresidenan menyatakan bahwa Trump telah terbebas dari gejala Covid-19 selama 24 jam dan tidak mengalami demam dalam empat jam. [**]