Pinjam Alat Berat Gratis untuk Buka Lahan, Begini Caranya

Jumat, 26 Februari 2021 - 00:13:13 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyediakan 12 unit alat berat jenis ekskavator.

Alat berat tersebut bisa digunakan oleh masyarakat untuk membuka lahan pertanian, sehingga masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan yang menimbulkan Karhutla.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger.

"Kita siapkan 12 unit alat berat yang bisa dipinjam masyarakat untuk membuka lahan. Sehingga masyarakat kalau membuka lahan tidak lagi dengan cara membakar," katanya.

Edward mengatakan, peminjaman alat berat tersebut merupakan salah satu upaya Pemprov Riau dalam mengantisipasi Karhutla tahun 2021.

Bagaimana cara meminjam alat berat tersebut, Edward menyatakan masyarakat mengajukan pinjaman ke UPT Dinas PUPR-PKPP Riau.

"Alat berat dipinjam dengan operatornya. Sekarang 12 alat berat tersebut sudah ada di enam UPT PUPR-PKPP Riau di kabupaten/kota," terangnya.

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat tidak akan lagi membuka lahan dengan cara membakar yang bisa menimbulkan Karhutla. Apalagi saat ini Karhutla sudah terjadi di beberapa daerah.

"Jadi alat berat yang dipinjam tidak dikenakan biaya alias gratis," sebut mantan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru ini.

Edward menambahkan, 12 alat berat tersebut digunakan untuk menyekat api jika terjadi Karhutla dilahan gambut yang sulit dipadamkan oleh petugas Satgas Karhutla. [**]