Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan di Rumah 

Sabtu, 26 Desember 2020 - 21:56:49 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Meskipun hewan peliharaan di rumah terlihat sehat dan baik-baik saja, namun mereka juga bisa membawa parasit seperti kutu dan kuman. Kemudian bisa menempelkan ke karpet serta meninggalkan bulu rontok di dalam rumah. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (26/12/2020), jika hal itu terjadi, maka bisa menganggu sistem pernapasan serta kesehatan sang pemilik. Lantas, bagaimana caranya agar rumah tetap bersih dari bulu dan kotoran kucing dan anjing peliaharaan?

Untuk mencegah kerontokan, berikan perhatian khusu untuk kucing dan anjing Anda, dengan memilihkan sampo serta sering menyisir bulu mereka secara teratur, agar menghindari kerontokan. 

Selain itu, berikan perawatan yang optimal terharap bulu hewan peliharaan Anda. Penyedot Debu yang Baik Penyedot debu Anda harus mampu membersihkan bulu hewan peliharaan secara efektif. 

Penyedot debu juga harus memiliki daya hisap yang kuat, sehingga bisa menyedot dengan baik di semua permukaan dan yang paling penting selalu memastikan agar penyedot debu tidak mudah tersumbat oleh rambut berlebih. 

Jangan lupa untuk membersihkan bagian yang tidak terlihat seperti bawah sofa dan meja serta sudut ruangan. 

Ada sejumlah produk lain, termasuk rol serat dan sikat karet, yang dapat berguna untuk menghilangkan rambut dari jok, pakaian, dan perabotan lembut lainnya. Bersihkan seluruh benda tekstil di rumah menggunakan produk ini, agar rumah tetap bersih.  

Menghilangkan Noda Urin 

Pastikan Anda membersihkan noda urin atau muntahan dengan cepat dan menyeluruh sangat penting dari sudut pandang kebersihan, untuk menghilangkan bau, dan untuk meminimalkan risiko hewan peliharaan kembali ke tempat yang sama.   

Urin hewan peliharaan memiliki bau yang kuat. Produk yang mengandung enzim dapat menetralkan bau urin hewan peliharaan. Membersihkan Kotoran Selain itu, bersihkan kotak kotoran secara teratur, untuk menghindari penyebaran bakteri. 

Cuka bisa sangat bagus untuk melarutkan penumpukan urin yang sulit dihilangkan. 

Memilih Produk Pembersih dan Penyegar Udara 

Pastikan produk pembersih pilihan Anda aman digunakan di sekitar hewan peliharaan. Hindari produk yang kuat dan tidak membakar kulit seperti pemutih. 

Beberapa orang memilih untuk membuat produk pembersih mereka karena bisa lebih ekonomis, lebih ramah lingkungan dan memungkinkan Anda menghindari penggunaan bahan yang keras atau bermasalah. 

Diffuser minyak esensial populer digunakan untuk menyegarkan rumah, tetapi minyak esensial tertentu dapat berbahaya untuk digunakan di sekitar hewan apa pun (kucing dan burung hanyalah beberapa hewan yang sangat sensitif terhadap mereka). [**]