Bupati Sukiman Lawan Bencana Non Alam Covid-19

 

Metroterkini.com - H Sukiman sudah lebih sebulan belakangan melawan bencana non alam tanpa kasat mata Covid 19. Seluruh kekuatan dikerahkan untuk perangi virus berbahaya ini. Lantaran sedikit saja longgar virus setiap saat mengancam kesehatan masyarakatnya yang identik dengan islaminya.

Orang Nomor 1 di Negeri Seribu Suluk nama lain dari Kabupaten Rokan Hulu ini tak kenal lelah dan terus berjuang melawan dan corona. 

Berbagai upaya dilakukan demi pencegahan dan antisipasi terhadap wabah penularan virus corona (Covid-19) di wilayah Negeri Seribu Suluk. 

Hal tersebut dibuktikan dengan menyiapkan anggaran bantuan sosial bagi kelompok masyarakat dan sudah mengkaji kesejahteraan tenaga medis.

Dalam upaya dan tindakan kerja keras berbagai pihak, tidak terlepas dari kebijakannya demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Bupati Sukiman, saat ini menggencarkan sosialisasi diseluruh lapisan masyarakat terutama di desa-desa soal bagaimana akan bahayanya wabah virus corona jika sampai menyebar di Negeri Seribu Suluk. 

Untuk menghindari dan antisifasi penularan wabah tersebut, Pemkab Rohul melakukan tindakan preventive dengan mengadakan kerjasama dengan seluruh stakeholder. Mulai dari tingkat Kabupaten dan Pemprov Riau telah bekerjasama soal langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencegah Covid-19.

Terbukti, penghujung Maret lalu, Bupati H Sukiman bersama Sekda H.Abdul Haris, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, Kajari Rohul Ivan Damanik, SH MH Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra berkumpul melaksanakan kegiatan gabungan memutus mata rantai Civid-19 secara preventive dan masiv serentak.

Pada kegiatan itu juga, Ketua PMI Rohul Hj Peni Herawati, dengan semangatnya membagikan masker gratis ke masyarakat di kawasan pasar Modern kampung Padang. Pasar Ujung Batu, dan memantau posko pengamanan COVID-19 di Simpang TB Kecamatan Tandun.

Sementara itu, Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu, Drs Yusmar MSi tidak bosan-bosannya menyampaikan berbagai informasi lewat siaran persnya soal menekan angka penularan wabah virus Corona (Covid-19) di Negeri Seribu Suluk. 

Kabar baik dan menggembirakan setiap hari dikabarkan berdasarkan Rekap Surveilens Penanganan Covid 19 RSUD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.

Secara tekhnik kata Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu itu, tim gugus bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Camat, Koramil dan Kaplosek serta unsur seluruh elemen kecamatan, Desa hingga RT RW, tokoh agama adat dan pemuda, mahasiswa serta kaum perempuan dan simpatisan lainnya makin waspada dapat berpartisipatif memantau warga yang datang atau warga yang baru di tempat masing-masing.

Dalam pencegahan wabah ini, Pemkab Rohul secara terus-menerus berkordinasi dan bekerja sama dengan team satgas Rokan Hulu maupun Provinsi Riau. Sejauh ini, yang sudah pulang bersekolah dari luar wilayah Kabupaten Rokan Hulu sudah pulang semua, dan mereka rata-rata sudah hampir selesai menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

"Selama tahap karantina mandiri, team jurkes terus melakukan pemantauan kesehatan, dan Alhamdulillah mereka sehat dan sudah diperbolehkan pulang kerumahnya. Kemudian untuk status positif covid-19 Rohul, 4 dari 8 orang dinyatakan sehat dan sudah pulang, dan selanjutnya pemulihan dilakukan dirumah tetap melakukan physical distancing dan isolasi mandiri," katanya.
 
Untuk memutus mata rantai penularan wabah virus covid-19 ini, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman komitmen menerapkan prilaku hidup sehat dan bersih. Menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan phisical Distanting, menerapkan jam kerja yang ditentukan.

Meski demikian, hingga saat ini Kabupaten Rokan Hulu masih dalam keadaan kondusif dan akan tetap melakukan pencegahan penyebaran wabah covid-19 sesuai protap yang dianjurkan pemerintah. Update terakhir dari Juru Bicara Covid-19 Rokan Hulu. [Galery/Pemkab Rohul]

Bupati Sukiman, Kapolres dan pejabat Forkompinda saat meninjau Gugus Kendali Covid 19 Tingkat Kabupaten Rohul, sekaligus bagikan 6000 masker gratis ke masyarakat, sebagai bentuk kesiap siagaaan Pemkab Rohul

Bupati Rohul H. Sukiman juga memanfaatkan Radio milik Pemerintah Daerah Radio Swara Lima Luhak (RSLL) Diskominfo Rohul yang dapat menjangkau dan menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat Rohul di pedesaan.

Sekretaris Daerah Rokan Hulu Abdul Haris, yang mewakili Bupati Sukiman menjelaskan bahwa, Pemkab Rohul telah membentuk satuan tugas (Satgas) Covid-19

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman melakukan Video Conference (Vicon) dengan 16 Camat se Rohul, yang digelar di Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Rabu (1542020)

Bupati Sukiman, bersama pejabat Forkompinda ikut tim gabungan semprot cairan disifektan ke pertokoan dan pasar modern di sepanjang Jalan Protokol Kecamatan Rambah

Bupati Rohul H Sukiman, saat Video Conference (Vicon) dengan tim dokter, para perawat dan tim medis serta Direktur RSUD Rohul dr Novil Raykel, di rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pangaraian, Jumat (1742020)

Bupati Rohul H.Sukiman dan pejabat Forkopimda, Selasa (2432020), lakukan pembagian 6.000 masker gratis sekaligus lakukan pengecekan suhu tubuh ke masyarakat

Bupati Rohul H Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman foto bersama dengan crew Radio Suara Lima Luhak milik Pemkab usai memberikan imbauan pencegahan virus corona di Kantor Dinas Kominfo Rohul

Pemkab Rokan Hulu H. Sukiman menerbitkan Surat Edaran (SE) yang ditanda tangani oleh Bupati H. Sukiman pada tanggal 9 Maret 2020, terkait bencana non alam Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu Riau

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Rohul, Drs Yusmar MSi, Senin (2442020), usai menggelar Video Conferance dengan Gubernur Riau, di aula rumah dinas Bupati, yang juga dihaidiri Sekda Rohul