DPRD Bengkalis Sahkan 16 Propemperda 2019

 

Metroterkini.com - Dewan Perwakilan Rakyat daerah kabupaten Bengkalis mengesahkan untuk dibahas sebanyak 16 Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis 2019 dalam Rapat Paripurna, Senin (11/3/19).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Indra Gunawan Eet, Ph.D, itu dihadiri sebanyak 27 dari 45 anggota DPRD Kabupaten 

Bengkalis. Sementara Bupati Bengkalis, Amril Mukminin diwakili Sekretaris daerah H. Bustami HY serta Kepala Perangkat  Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Seperti diketahui, Propemperda adalah instrumen perencanaan program pembentukan Perda Provinsi dan perda Kabupaten/Kota yang disusun secara terencana, terpadu, dan sistematis. Melalui Propemperda diharapkan pembentukan peraturan daerah dapat terlaksana secara tertib, teratur, tersistimatis, tidak tumpang tindih dan memperhatikan skala prioritas dalam pembentukan peraturan daerah.

Selain itu, Dewan juga menyampaikan laporan Panitia Khusus pokok-pokok pikiran (Pansus Pokir) DPRD tahun 2019 dan 2020. 

Pansus Pokir ini disampaikan Syahrial dari fraksi Golkar. Pada kesempatan itu, Syahrial mengingatkan bahwa Pokir harus disampaikan sebelum APBD disahkan bukan sebaliknya seperti saat ini. Untuk itu, Dewan sepakat dalam laporan Pansus Pokir 2019 juga membahas Pokir 2020.

Sedangkan usulan  Propemperda Tahun 2019 berdasarkan Surat Bupati Bengkalis Nomor 180/HK/2019/08 tanggal 7 Januari 2019. 

Program pembentukan Perda meliputi, Rencana tata ruang wilayah Kabupaten Bengkalis tahun 2019-2023.

Kemudian, pemekaran kelurahan dan desa se-Kabupaten Bengkalis, pembiayaan transportasi jamaah haji, perubahan Perda Nomor 4 Tahun 1994 Tentang Pembentukan PDAM Tirta Terubuk. Pemilihan Kepala Desa, Perlindungan perempuan dan anak.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis. Penyertaan Modal Kepada PT Bumi Siak Busako dan Revisi RPJMD 2016-2021.

Kemudian berdasarkan tanggal 11 Maret 2019, DPRD Bengkalis mengusulkan Ranperda Hak inisiatif, yakni Ranperda tentang Corperate Social Responsibility (CSR). Penyelenggaran Pendidikan.  

Seluruh anggota DPRD Bengkalis yang hadir pada sidang paripurna menyetujui pengesahan  Propemperda Kabupaten Bengkalis Tahun 2019.

“Alhamdulillah, rapat paripurna ini kita laksanakan dengan baik. Semoga apa yang telah kita kerjakan mendapat ridho Allah SWT, menjadi amal ibadah bagi kita semua amin ya rabbal alamin,” ungkap Indra Gunawan Eet.

Sementara itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin, diwakili Sekda Bengkalis Bustami, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota DPRD Bengkalis yang telah mengesahkan  Propemperda  Kabupaten Bengkalis Tahun 2019.

“Setelah pengesahan  Propemperda 2019 ini, kita akan terus berkoordinasi. Mudah-mudahan pada tahun ini seluruh usulan kita disahkan menjadi Perda,” ungkap Sekda Bengkalis. [rudi]

Sekdakab Bengkalis, Bustami HY salam komando dengan Wakil Ketua DPRD, Indra Gunawan Eet, Ph.D

Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan Eet, Ph.D saat Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir

Sekwan menyampaikan Tentang Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir DPRD Bengkalis

Syahrial menyampaikan Laporan dalam Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir DPRD Bengkalis

Syahrial menyalami Pimpinan Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir DPRD Bengkalis

Sekda H Bustami HY menyalami anggota DPRD Susianto dalam Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir

Sekda H Bustami HY menyalami anggota DPRD Pipit Lestari dalam Rapat Paripurna DPRD Bengkalis

Anggota DPRD Hj Aisyah dalam Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir Dewan

Para anggota DPRD Bengkalis yang hadir Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir

Wakil Ketua DPRD Indra Gunawan Eet memimpin Rapat Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir

Sekwan DPRD Bengkalis berdiskusi dengan stafnya dalam Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir

Sekwan dangan Pimpinan dewan yang hadir dalam Paripurna Propemperda dan Pansus Pokir