Dewan Sahkan APBD-P 2017 Kabupaten Bengkalis

 

Metroterkini.com - Setelah melalui proses yang cukup memakan waktu, Selasa (24/10/17) malam, DPRD Kabupaten Bengkalis mengesahkan Perubahan APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2017 dalam sebuah Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Selasa (24/10/17) malam.

Hadir dalam pengesahan tersebut, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Ketua DPRD Abdul Kadir, beserta tiga Wakil Ketua DPRD Dr. Indra Gunawan, Zulhelmi, dan Kaderismanto serta puluhan anggota DPRD. Plt Sekda H Arianto, para kepala dinas, Forkopimda serta tamu dan undangan lain.

Bupati Bengkalis dalam sambutannya mengatakan, pengesahan APBD Perubahan ini telah melalui mekanisme politik dan tekhnokratik baik dengan pendekatan formulasi kebijakan anggaran yang mengedepankan aspek prioritas, efektifitas dan efisiensi anggaran. Mengedepankan aspek tekhnis perencanaan dan kesediaan waktu pelaksanaan yang tersisa sampai akhir tahun 2017.

Hal ini didasari oleh keinginan dan perhatian yang sungguh-sungguh dari pemerintah dan semua anggota DPRD. Sehingga apa yang telah direncanakan dan diusulkan telah dapat diakomodir secara baik melalui proses yang sangat komunikatif dan kooperatif. Adapun berbagai dinamika dalam proses pembahasan penuh demokrasi, sinergi dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan. Sehingga Ranperda perubahan APBD 2017 dapat ditetapkan.

Selain itu, Pemda Bengkalis mengaku sangat menghargai sikap keterbukaan dari DPRD, baik pada saat penyampaian pandangan umum fraksi terhadap nota keuangan maupun saat pembahasan dengan seluruh SKPD.

Menurut Bupati, selama proses pembahasan pihaknya telah menerima tanggapan, saran maupun koreksi dari DPRD.

Saran tersebut ungkap Amril, sangat membantu pemerintah dalam menyelesaikan tahapan-tahapan pelaksanaan anggaran dengan telah disahkan perubahan APBD ini.

Sebagaimana keputusan yang telah dibacakan oleh ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, bahawa APBD tahun 2017 mengalami perubahan dari sebelumnya sebesar Rp3.701.262.514.3643,- menjadi Rp3.965.365.749.749 atau mengalami peningkatan sebesar Rp264.103.235.713.

Dengan disahkan APBD Perubahan, Amril berharap dapat segera ditindaklanjuti sesuai mekanisme penganggaran yang berlaku, yakni penyampaian kepada Gubernur Riau dan pembahasan dengan Tim anggaran Provinsi untuk selanjutnya dapat disempurnakan dan segera dilaksanakan, karena hal penting sebenarnya bukanlah apa yang termaktub dalam dokumen APBD, tetap realisasi program dan kegiatan tersebut.

Total perubahan APBD tersebut telah mencakup penyelenggaraan pembangunan dalam semua urusan yang menjadi kewenangan daerah sebagaimana UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yakni urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib non pelayanann dasar, urusan pilihan, urusan penunjang, urusan pendukung, urusan kewilayahan dan urusan kesatuan bangsa dan politik yang tersebar ke dalam 46 perangkat daerah. Dan tetap mengedepan aspek pemerataan kesemua sektor dan wilayah Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan rasionalisasi yang terjadi tetap mempertimbangkan pembangunan pada sektor dan wilayah bergerak secara baik. [humas]

Bupati Amril Menyampaikan Pidatonya dalam Rapat Paripurna Pengesahan APBD Perubahan 2017

Bupati Bengkalis, Ketua dan Wakil Ketua DPRD saat Sidang Paripurna Pengesahan APBDP 2017

Syofian menyerahkan dokumen laporan pembahasan APBD Perubahan kepada Ketua DPRD

Anggota DPRRD Bengkalis yang hadir dalam Rapat Paripurna pengesaahaan APBD Perubahan 2017

Syofian anggota DPRD Bengkalis saat menyampaikan hasil pembahansan APBDP 2017 Kabupaten Bengkalis

Anggota DPRD, Syofian saat sidang Paripurna pengesahan APBD Perubahan 2017 Kabupaten Bengkalis

Anggota DPRD Bengkalis yang hadir dalam Rapat Paripurna pengesahan APBD Perubahan 2017

Anggota DPRD Bengkalis yang hadir dalam Rapat Paripurna pengesaahan APBD Perubahan 2017

Anggota DPRD Bengkalis yang hadir dalam Rapat Paripurna pengesahan APBD Perubahan 2017

Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir menyampaikan pidato saat Rapat Paripurna pengesahaan APBDP 2017

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna pengesahan APBDP 2017

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Ketua DPRD Bengkalis Abddul Kadir dan Tiga Wakil Ketua DPRD