DPRD Kampar Sampaikan Hasil Reses Masa Sidang Pertama

 

Metroterkini.com - Memasuki masa sidang pertama tahun 2016, DPRD Kampar menggelar sidang paripurna dengan agenda penyampaian hasil reses dari para anggota dewan dari enam daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Kampar.

Sidang paripurna digelar Selasa (20/1/16) yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg didampingi Wakil Ketua Muhammad Faisal MT, Ramadhan S.Sos dan Sunardi AMk. Tampak hadir Asisten III, Ir H Nurahmi beserta sejumlah kepala dinas serta 25 anggota DPRD Kampar.

Laporan reses dari dapil VI dibacakan oleh Bernard Sinaga yang menyampaikan bahwa lembaga pemerintah baik eksekutif maupun legislatif harus sadar untuk melayani seluruh aspirasi masyarakat. Reses adalah mengunjungi daerah pemilihan dan penyerapan aspirasi masyarakat serta memantau perkembangan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Kampar.  

"Kami telah melihat serta bertatap langsung dengan masyarakat Tapunghulu dan Tapunghilir, kami  menghimpun berbagai aspirasi di dua kecamatan itu. Usulan program, pembangunan pengaspalan jalan untuk Tapunghilir, perbaikan jembatan, perbaikan gedung, penambahan sampan, penambahan gedung sekolah, pembangunan posyandu," ungkapnya.

Laporan reses di dapil V disampaikan oleh Sri Rahayu Setyaningsih, yang mana reses telah dilaksanakan pada 23 sampai 26 Desember 2014 yang lalu. Sri Rahayu menyampaikan tentang pentingnya penyelesaian masalah sengketa lahan perkebunan, pengurusan tapal batas antara Kijang Rejo dan Desa Sei Kijang.

"Masyarakat juga menyampaikan aspirasi untuk pembuatan turap 50KM, pemerataan pembangunan yang transparan dan adil, pengadaan mobil ambulance dan peralatan kesehatan, dan moubiler pendidikan," ujarnya.

Laporan dari Dapil IV disampaikan oleh Triska Felly. Berhubung banyak Kepala SKPD yang berhalangan hadir, maka Triska Felly hanya menyampaikan kesimpulan saja.

"Karena banyaknya Kepala SKPD yang tidak hadir, maka kami membacakan kesimpulannya saja, seluruhnya bersifat fisik, dan kepala SKPD untuk membacanya sendiri," ucapnya.

Kemudian, laporan dari Dapil III disampaikan oleh Habiburrahman. Dari hasil reses di Kamparkiri, Kamparkiri Hulu, Kamparkiri Tengah dan Gunung Sahilan, diperoleh aspirasi untuk prioritas pembenahan kantor Kades Kuntu dan Kuntudarussalam. Kemudian pemilihan kades perlu segera dilaksanakan, pengadaan benih ikan, dan pembangunan gedung pertemuan.

"Perlu juga kami sampaikan tentang pembangunan Pustu serta perlunya peningkatan kedisiplinan dokter dan paramedis Puskesmas 24 jam agar mereka jangan hadir di awal bulan saja," ucapnya.

Untuk dapil II, disampaikan oleh Anggota DPRD Kampar Iib Nursaleh. Setelah bersama rekan-rekan satu dapilnya melakukan reses di Siakhulu dan Perhentian Raja,  Iib menyampaikan agar Pemkab dapat merealisasikan pengadaan sapi, pengadaan tiang listrik di Pangkalan Baru dan Desa Tanah Merah, serta pengaspalan jalan.

Masyarakat juga berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala desa di beberapa desa di Siakhulu dapat dilaksanakan, "usulan masyarakat ini akan disampaikan kepada Pimpinan SKPD terkait," ucapnya.

Dari dapil I, laporan disampaikan oleh H Syahrul Aidi Lc MA. Setelah melakukan reses di Kampar, Kampar Timur, Kampar Utara, Rumbio Jaya dan Tambang, Syahrul melaporkan bahwa  pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat di seluruh desa di lima kecamatan tersebut yaitu pembangunan fisik diantaranya perbaikan infrastruktur jalan dan turap, pertanian dan perkebunan.

"Seluruh aspirasi ini diteruskan kepada SKPD terkait dan ditindaklanjuti, pembangunan. Untuk hal yang mendesak agar dianggarkan pada APBD perubahan ke depannya," sebutnya.

Ketua DPRD Ahmad Fikri SAg ketika akan menutup sidang paripurna menyampaikan bahwa seluruh laporan yang dibacakan agar segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Kampar agar menyentuh langsung kepada kebutuhan masyarakat. [hms-ali]

 

Tampak anggota DPRD Kampar, H Syahrul Aidi Lc MA dan anggota dewan saat mengikuti lagu Indonesia Raya dalam rangkaian paripurna

Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg didampingi Wakil Ketua Muhammad Faisal MT, Ramadhan S.Sos dan Sunardi AMk serta Asisten III, Ir H Nurahmi

Habiburrahman juru bicara Dapil Kampar III menyampaikan hasil reses dari Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan

Muhammad Ansar juru bicara Dapil Kampar II menyampaikan hasil reses dalam Sidang Paripurna yang digelar Selasa (20/1/16) dipimpin Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg

Sri Rahayu Setianingsih terlihat menyalami Pimpinan DPRD usai menyampaikan laporan hasil reses Dapil Kampar V dalam sidang paripurna, Selasa (20/1/16)

Reni Santi sebagai juru bicara Dapil Kampar VI menyampaikan hasil reses dalam sidang paripurna Selasa (20/1/16) yang dipimpin Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg

Syahrul Aidi saat menyampaikan hasil reses Dapil Kampar I dan Sidang Paripurna, Selasa (20/1/16) dipimpin Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg

Zumrotun menyampaikan hasil Reses Dapill IV dalam Sidang paripurna yang digelar Selasa (20/1/16) dipimpin Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg

Peserta Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri SAg terlihat saat mengikuti prosesi agenda sidang yang berlangsung digelar Selasa (20/1/16)

Muhammad Ansar juru bicara Dapil Kampar II menyalami Asisten III, Ir H Nurahmi dalam Sidang Paripurna hasil Reses digelar Selasa (20/1/16)