Proyek PLTS Teluk Meranti Pelalawan Tak Berfungsi

Proyek PLTS Teluk Meranti Pelalawan Tak Berfungsi
Pelalawan - Warga Desa Gambut Mutiara Kecamatan Teluk Meranti menyayangkan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tidak berfungsi. Hal tersebut menyusul rusaknya, sejumlah komponen proyek tersebut, sehingga PLTS yang dianggar Tahun Anggaran 2010 itu tidak lagi digunakan.

"Benar, proyek pengadaan PLTS yang dianggarkan lewat APBD tahun 2010 lalu di desa kami semuanya rusak dan tidak ada satupun yang bisa dipakai, dan sampai saat ini kami juga enggak tahu kelanjutannya seperti apa," terang Kepala Desa Gambut Mutiara Armen yang dihubungi, Selasa (18/9).

Lbih lanjut Armen mengatakan bahwa permasalahan tersebut muncul setelah semua peralatan sudah dipasang, dan seelah dipasang baru diketahui alat tersebut rusak, akibatnya sejumlah alat yang rusak dibawa ke kantor dinas pertambangan dan energi.

"Setelah diketahui banyak yang rusak, mekanik dan beberapa orang dinas kembali datang ke desa kami untuk mengecek kerusakannya, namun saat di cek ternyata 16 unit lagi dibawa mereka ke kantor Dinas dan sampai sekarang tidak tahu apa masalahanya dan belum dikembalikan oleh orang dinas," katanya.

Setelah dibawa yang 16 Unit, lanjutnya selebihnya yang saat itu berkisar 35 unit total keseluruhan yang dipasang juga mengalami kerusakan yang sama sehingga proyek pengadaan itu sama sekali tidak bermanfaat, "Tanggal 15 September kemarin sudah kita surati dan sampai sekarang kita belum menerima hasil surat yang kita sampaikan ke dinas pertambangan," katanya.

Sebagai mana diketahui PLTS merupakan program pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat yang paling bawah, dan diharapkan bisa membantu ekonomi masyarakat bawah, katanya.

Armen menilai bahwa peralatan yang digunakan untuk instalasi listrik tenaga surya boleh dikatakan baru namun alat tersebut tidak berkualitas, sehingga belum digunakan alat tersebut banyak yang rusak,

"kalau bagus alat tersebut masak belum digunakan bisa rusak, selain itu saya juga konsultasi dengan konsultan perencananya, saat itu saya tanya ke dia, katanya inilah kalau pengadaan pak, tidak sesuai dengan yang digambarkan," kata Armen menirukan ucapan Konsultan.

Armen juga menyesalkan kenapa pihaknyanya saat itu pada masuk proyek tersebut tidak dilibatkan ,

" Saya pada waktu proyek ini masuk saya tidak dilibatkan, namun enggak apa-apa saya terima, dan saya sambut mereka untuk bisa secepatnya memasang jaringan PLTS dengan harapan bisa bermanfaat kepada masyarakat saya, tapi kenyataannya malah sebaliknya proyek tersebut tidak bermanfaat, saya mengaharapkan Pemda dalam hal ini dinas bersangkutan agar secepatnya menyelesaikan permasalahan ini,"tandasnya.**/ndi

Berita Lainnya

Index