Presiden RI Ir. H. Joko Widodo Kunjungi Kepulauan Nias

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo Kunjungi Kepulauan Nias

Metroterkini.com - Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo tiba di kepulauan Nias didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama dengan rombangan. 

Setibanya di Bandara Binaka pukul 9 pagi dan disambut oleh tiga Kepala Daerah yakni Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH., M. Si, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, dan Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli Rabu, (6/7/2022).

Setelah selesai penyambutan di bandara Binaka, Presiden dan rombongan langsung menuju kabupaten Nias Utara dengan mengendarai roda empat dari Bandara Udara Binaka Gunungsitoli menuju Kec. Alasa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara (Nisut), tokoh masyarakat, kepala OPD, ASN, CPNS Lingkup Pemkab Nias Utara langsung menyambut kedatangan Presiden RI dan beberapa rombongan lainnya. 

Sesampainya di Kec. Alasa, Presiden RI berkeliling di pasar Alasa, sambil berbincang-bincang kepada para pedagang, juga belanja sayuran, pisang, cabai dan memberikan beberapa bantuan langsung kepada para pedagang sambil mengecek harga bahan pokok yang didampingi langsung Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara.

Setelah itu Presiden RI dan rombongan langsung meninjau kondisi ruas jalan dari Desa Ombolata Menju Desa Hiligawoni dan Desa Faekhunaa Kec. Afulu yang menjadi pergumulan masyarakat untuk dibangun dan saat ini sedang dikerjakan oleh Kementerian PUPR RI sebesar 32 miliar dengan menggunakan roda empat.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan, Presiden RI Ir.H. Joko Widodo mengatakan” Saya sudah melihat  jalan nasionalnya seperti apa, jalan poros provinsi dan jalan kabupaten, Insya Allah tahun depan jalan lingkar nasional sudah rampung karena tinggal 16 km lagi.

Kedatangan Presiden RI di Kab. Nias Utara khususnya di Kec. Alasa disambut dengan sangat meriah, terlihat puluhan ribu warga dari berbagai elemen lapisan masyarakat, juga peserta didik mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK turut hadir menyaksikan sambil berbaris di sepanjang jalan dengan memegang bendera Merah Putih sebagai ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada Presiden RI telah melihat langsung kondisi dan keadaan masyarakat Nias Utara.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd melakukan ekspos kondisi nias utara kurang lebih 10 Menit, setelah itu pemerintah Kab. Nias Utara juga memberikan Baju adat Nias Utara kepada Presiden RI sebagai cendera mata, setelah itu Presiden RI. Mencicipi durian khas Nias yang telah dipersiapkan.

Kegiatan kunjungan kerja Presiden RI ke Kabupaten Nias Utara, juga dihadiri oleh  tokoh Nasional dari kepulauan Nias, Prof.  Yasonna H. Laoly, S.H.,M.S.,P.Hd Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM), menteri PUPR, Gubernur Sumatera Utara, Kapolda, Pangdam dan rombongan lainnya.

Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, saat dikonfirmasi awak media “Mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Presiden RI telah berkenan hadir melihat kondisi ruas jalan dan pembangunan di Kabupaten Nias Utara, semoga ke depan Nias Utara selalu menjadi perhatian pemerintah pusat pada bidang pembangunan dan pemberdayaan lainnya”  sambil tersenyum. [epianus]

Berita Lainnya

Index