Bayi Mumi Mamut Utuh Ditemukan di Kanada!

Bayi Mumi Mamut Utuh Ditemukan di Kanada!

Metroterkini.com - Seekor bayi mamut atau mammoth berbulu dan utuh telah ditemukan membeku di permafrost barat laut Kanada. Ini adalah penemuan pertama di Amerika Utara.

Diberitakan BBC, mamut zaman es yang dimumikan secara alami ini diperkirakan berusia lebih dari 30.000 tahun. Keberadaannya ditemukan oleh penambang emas di wilayah Klondike, Teritori Yukon pada hari Selasa lalu.

Daerah penemuan itu milik Bangsa Pertama Tr'ondek Hwech'in. Pemerintah Yukon membandingkannya dengan penemuan bayi mamut Rusia di lapisan es Siberia pada 2007.

"Itu adalah mumi mamut paling lengkap yang ditemukan di Amerika Utara dan baru yang kedua yang ditemukan di dunia," kata ahli paleontologi Yukon, Grant Zazula..

Bayi itu, diduga perempuan, diberi nama Nun cho ga, yang berarti bayi hewan besar dalam Bahasa Han. Bahasa itu digunakan oleh penduduk asli Amerika di daerah tersebut.

"Nun cho ga cantik dan salah satu hewan es zaman mumi paling luar biasa yang pernah ditemukan di dunia," terang dia.

Ukurannya hampir sama dengan bayi Siberia yang ditemukan Lyuba pada 2007, yang berusia sekitar 42.000 tahun, kata pemerintah Yukon dalam siaran pers.

Sisa-sisa sebagian dari anak mamut, bernama Effie, ditemukan pada tahun 1948 di sebuah tambang emas di negara tetangga Alaska.

CBC News mengatakan Nun cho ga digali setelah seorang penambang. Ia lalu memanggil bosnya untuk memeriksa sesuatu yang terkena buldosernya di lumpur di Eureka Creek, selatan Dawson City.[**]

Berita Lainnya

Index