Roy Suryo Hapus Postingan Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Roy Suryo Hapus Postingan Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Metroterkini.com - Roy Suryo menuai hujatan usai mengunggah foto editan stupa Candi Borobudur yang wajahnya sudah diedit mirip Presiden Jokowi.

Mantan kader partai Demokrat, Roy Suryo 'dirujak' netizen usai unggahannya di Twitter viral. Unggahan bertanggal Jumat (10/6) itu menampilkan meme stupa candi Borobudur yang sudah diedit wajahnya jadi mirip presiden Jokowi.

Dalam unggahan itu, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke candi Borobudur jadi Rp 750 ribu. Ada dua meme yang diunggah Roy Suryo saat itu.

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salah satu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x ???? AMBYAR," cuit Roy Suryo.

"Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN," begitu tulisan di salah satu meme yang diunggah Roy Suryo.

Netizen pun bereaksi. Mereka menganggap postingan Roy Suryo itu sebagai penghinaan, baik bagi umat Buddha maupun Presiden Jokowi.

"Patung Buddha di Candi Borobudur itu simbol keagamaan beda dr patung2 Buddha di tempat@ biasa, diedit wajahnya mirip Jokowi sbg bahan tertawaan, ini sih pelecehan," ujar Mohamad Guntur Romli.

"How low can you go?" cuit @tiapradiptha.

"Kowe malah ikut menghina ...Keraton Jogja mohon bisa mempertimbangkan gelar yang disandangnya," kata @it_hardjo.

"Dengan track record sebagai mantan menteri tapi bercandaannya murahan begini, sebenarnya beliau sedang menistakan dirinya sendiri," komentar @BuddhisGL.

Setelah memicu kontroversi, akhirnya Roy Suryo menghapus unggahan tersebut.

"Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close," cuit Roy Suryo. [**]

Berita Lainnya

Index