Tebak Kepribadian Seseorang Dilihat dari Posisi Tidur

Jumat, 20 Mei 2022 - 23:52:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kepribadian seseorang adalah misteri. Sulit rasanya mengetahui kepribadian seseorang saat belum terjalin hubungan dekat. Namun, sudah bukan rahasia lagi, kepribadian bisa dilihat dari berbagai kebiasaan sehari-hari. Salah satunya melalui posisi tidur.

"Tidur mempengaruhi setiap aspek diri, baik secara fisik maupun psikologis," ujar ahli tidur di Better Sleep Council (BSC), Terry Cralle, mengutip Psycom.

Pada dasarnya, setiap orang akan mengubah posisi tidurnya sebanyak 10-30 kali dalam semalam. Berbagai faktor mempengaruhinya, mulai dari tingkat kenyamanan kasur hingga siapa yang menjadi pasangan tidur.

Sejumlah penelitian telah mencoba mencari hubungan antara posisi tidur dan kepribadian seseorang. Namun, hingga saat ini hanya ada satu penelitian yang dijadikan referensi.

Mengutip Healthline, ahli tidur Chris Idzikowski melakukan survei terhadap 1.000 orang dewasa di Inggris untuk mengungkap hubungan antara posisi tidur dan kepribadian.

Berikut hasil penelitiannya.

1. Posisi tengkurap
Posisi tengkurap dengan kedua tangan di atas bantal dan kepala menoleh ke samping ini disebut sebagai 'the freetaller'.

Konon, posisi ini lebih sering digunakan oleh generasi X dan milenial.

Beberapa orang dengan posisi tidur seperti ini ditemukan tak mampu menerima kritik dengan baik. Mereka juga cenderung punya sikap sedikit tidak sopan, berani, dan sangat blak-blakan.

2. Posisi tidur janin
Dalam posisi ini, seseorang akan tidur miring dengan lutut ditekuk ke arah dada, seperti bayi yang meringkuk. Posisi ini konon lebih sering digunakan oleh perempuan daripada pria.

Orang dengan posisi tidur janin biasanya memiliki sifat pemalu dan cenderung introvert.

3. Posisi tidur 'the yearner'
The yearner merupakan posisi tidur miring dengan kedua tangan terentang di depan. Generasi baby boomers lebih sering tidur dengan posisi ini dibandingkan generasi milenial dan X.

Umumnya, mereka ada pribadi yang terbuka. Namun, pikiran mereka cenderung kompleks dan sinis.

Selain itu, mereka juga ditemukan agak lambat dalam membuat keputusan. Tapi, setelah keputusan didapat, mereka akan bersikap tegas dengan jalan yang dipilih.

3. Posisi tidur 'log'
Dalam posisi ini, seseorang akan tidur miring dengan kedua tangan lurus ke bawah. Posisi ini juga dikenal sebagai gaya tidur yang kurang nyaman untuk dilakukan.

Namun, posisi tidur ini justru menggambarkan pribadi yang mudah bergaul dan percaya pada orang lain. Mereka juga gemar bersosialisasi dan selalu menganggap dirinya sehat.

4. Posisi tidur prajurit
Posisi ini membuat seseorang berbaring terlentang dengan kedua tangan di samping tubuh. Posisi ini terkesan kaku, dan karena itu pula tidak terlalu populer.

Orang yang terbiasa tidur seperti ini ditemukan memiliki kepribadian yang pendiam. Mereka juga selalu menetapkan standar yang tinggi terhadap orang lain.

5. Posisi tidur bintang laut
Pada posisi ini, seseorang tidur terlentang dengan kedua tangan di atas bantal. Pria lebih cenderung tidur dalam posisi tidur ini daripada perempuan.

Posisi tidur ini menggambarkan kepribadian yang cenderung tidak mementingkan diri sendiri. Mereka kerap memikirkan orang lain dan selalu siap untuk membantu serta mendengarkan.

Namun, perlu diingat, uraian mengenai kepribadian di atas hanyalah interpretasi peneliti yang didapat dari para partisipan, bukan merupakan diagnosis yang bersifat pasti.

Yang terpenting adalah Anda mengetahui posisi tidur terbaik untuk diri sendiri. Setiap orang memerlukan posisi tidur yang berbeda.

Misalnya, tidur miring yang cocok bagi orang dengan kebiasaan mendengkur atau mengalami rasa sakit di leher dan punggung. Tidur miring dapat membantu menjaga saluran udara tetap terbuka dan mengurangi dengkuran.

Tidur miring ke kiri juga dapat membantu meringankan gejala refluks asam lambung. Posisi ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung.

Sementara itu, hindari tidur terlentang yang dapat memengaruhi aliran oksigen ke tubuh. Hindari juga posisi tidur tengkurang karena akan menimbulkan ketegangan di leher. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT