Inilah yang Ditunggu dari Google I/O 2022 Malam Ini 

Rabu, 11 Mei 2022 - 19:49:43 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Konferensi pengembang Google atau disebut Google I/O tahun ini akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada Rabu, 11 Mei 2022. Dalam ajang tahunan ini, Google biasanya mengumumkan atau memberikan bocoran sejumlah produk baru baik hardware seperti smartwatch maupun software seperti sistem operasi yang akan dirilis dalam 12 bulan ke depan. Meski Google I/O 2022 belum digelar, berbagai rumor sudah beredar di dunia maya. 

Salah satunya terkait rumor smartwatch pertama Google yang disebut-sebut akan diungkap dalam Google I/O 2022. Selain smartwatch, Google juga konon akan mengumumkan earbuds nirkabel. 

Tak hanya itu, masih banyak hal lain yang ditaksir menjadi kejutan dari Google dalam konferensi tahunan perusahaan. Berikut rinciannya. Pixel Watch Rumor terkait smartwatch Google atau diduga disebut pixel Watch sudah bermunculan sejak lama. 

Namun, belakangan rumornya semakin terbukti. Selain bocoran spesifikasi hingga pengajuan paten perangkat, prototipe dari smartwatch itu juga sudah terungkap. 

Berdasarkan prototipe tersebut, Pixel Watch kemungkinan hadir dengan bodi bulat sebagaimana Galaxy Watch atau smartwatch merek lainnya. Pixel 6 versi murah Dalam tiga tahun terakhir Google meluncurkan smartphone andalannya, Google Pixel dalam varian yang lebih terjangkau, seperti Pixel 4A dan 5A. 

Nah, pada ajang Google I/O, perusahaan ditaksir akan mengumumkan Pixel 6A, mengingat smartphone terbaru Google adalah pixel 6. Pixel 6A kabarnya akan menggunakan prosesor Tensor seperti Pixel 6. Namun, kameranya dibuat lebih rendah, yaitu 12 MP, dibanding Pixel 6 yang dilengkapi kamera utama 50 MP. 

Pixel Buds Pro Rumor terkait perangkat ini terbilang minim. Namun, belum lama ini pembocor Jon Prosser mengungkapkan bahwa Google tengah bersiap merilis satu set earbud nirkabel yang kemungkinan disebut Pixel Buds Pro. 

Spesifikasi perangkat tersebut belum terungkap. Namun, biasanya penggunaan nama "Pro" menggambarkan spesifikasi tinggi pada sebuah perangkat. Penamaan Pro pada earbuds ini kemungkinan mewakili fitur active noise cancellation (ANC). 

Fitur ANC sendiri belum diadopsi Google untuk earbuds buatannya, termasuk Pixel Buds A-series. Dengan demikian, Pixel Buds Pro akan menjadi earbud pertama dengan ANC dari Google jika perangkat ini benar-benar diumumkan dalam konferensi pengembang perusahaan. 

Android hingga WearOS Android 13 sebenarnya sudah diumumkan Google dan diluncurkan dalam versi beta. Dalam Google I/O, ada kemungkinan Google mengumumkan sejumlah fitur Android 13 dengan lengkap. 

Dirangkum dari The Verge, Rabu (11/5.2022), tema Android 13 yang dapat dikustomisasi kemungkinan akan diperluas agar mencakup lebih banyak elemen antarmuka (UI) perangkat. Selain Android 13, Google juga mengembangkan OS Android 12L yang ditujukan untuk tablet dan perangkat lipat. 

OS ini dikatakan akan dirilis pada Google I/O 2022. Beberapa perangkat yang akan mengadopsi OS ini di antaranya perangkat besutan Samsung, Lenovo, hingga Microsoft. Rumor yang beredar juga menyebutkan, Google akan membuat perangkat lipat sendiri. 

Perangkat ini sempat dirumorkan rilis tahun lalu. Namun, hingga kini perangkat itu tak kunjung muncul. Rumor terkait perangkat lipat bikinan Google juga tak begitu masif, sehingga kemungkinannya terbilang kecil untuk diumumkan dalam ajang tahunan Google. 

Sistem operasi lainnya yang mungkin mendapat pembaruan dalam Google I/O yaitu WearOS, yang merupakan OS dari Google untuk perangkat wearable seperti smartwatch. Begitu pula dengan software Android TV dan Google TV yang kemungkinan besar mendapat fitur baru dari raksasa teknologi AS. 

Google Nest hub terakhir kali diluncurkan tahun lalu. Menurut 9to5Google, Google kemungkinan memperkenalkan Nest Hub generasi anyar tahun ini. Menurut bocoran, perangkat ini akan tampil layar yang dapat dilepas dan difungsikan seperti tablet. 

Google Workspace dan aplikasi lainnya Google juga memiliki sejumlah layanan pendukung produktivitas pengguna, yaitu Google Workspace yang mencakup Goolge Documents. Besar kemungkinan layanan ini mendapat pembaruan yang akan diumumkan dalam Google I/O. 

Selain itu, Google juga kabarnya akan memperbarui fitur untuk sejumlah aplikasi perusahaan seperti Google Photos hingga Google Maps. Sebab, tahun lalu raksasa teknologi itu juga menghadirkan sejumlah peningkatan pada aplikasi tersebut, seperti dukungan Augmented Reality (AR) pada Google Maps. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT