Menyalip Kendaraan dengan Aman, Begini Caranya

Menyalip Kendaraan dengan Aman, Begini Caranya

Metroterkini.com – Jalanan merupakan area umum yang dipenuhi berbagai macam pengemudi. Ada pengemudi yang maunya cepat sehingga menyalip banyak kendaraan, tapi tidak sedikit juga yang santai bahkan menghalangi jalan. 

Ketika ingin menyalip kendaraan lain, pengemudi harus tahu kalau aksi tersebut sebenarnya sangat berbahaya. Jika salah perhitungan, kecelakaan seperti tabrakan adu kambing sangat mungkin terjadi. Lalu bagaimana untuk tahu kapan harus menyalip dan aman untuk dilakukan? 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, menyalip adalah kegiatan yang membahayakan. Faktornya ada tiga, yakni pandangan ke depan, kecepatan, dan mengambil lajur berlawanan. 

"Pertama, bidang pandang kita terhalang oleh kendaraan di depan. Kedua, kecepatan kita lebih tinggi dari kendaraan yang mau disalip. Ketiga, kalau di jalan dua jalur, kita akan menggunakan jalur lawan,” ucap Jusri, belum lama ini. 

Jusri menjelaskan, saat mau menyalip, pahami dahulu rumus PDA, yakni Penting, Dibenarkan, dan Aman. Tiga hal ini harus benar-benar dipahami sebelum mau menyalip kendaraan lain. 

"Pertama penting atau perlu untuk menyalip. Kalau tidak perlu, ya jangan menyalip, sudah jelas sangat berbahaya kalau ingin mendahului ini,” kata Jusri. 

Kedua, dibenarkan atau tidak tempat menyalipnya. Perhatikan marka jalan, lokasi bukan di belokan, jalan menanjak atau menurun. 

Ketiga, biasakan mengecek, kalaupun penting dan lokasinya dibenarkan, pastikan situasinya aman. “Kebiasaan ini harus dimiliki oleh pengemudi. Alasannya karena mendahului kendaraan lain sangat berbahaya,” ucapnya. [**]

Berita Lainnya

Index