Kasus Omicron Ditemukan Serentak di Sumbar 

Kamis, 27 Januari 2022 - 23:33:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com-Virus Covid-19 jenis Omicron sudah masuk ke Sumatera Barat. Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Diagnostik Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Kamis (27/1/2022) dari 31 sampel positif Covid-19 hasilnya ada 15 sampel Omicron. 

"Pagi ini kita sudah menguji 31 sampel positif dan hasilnya 15 sampel Omicron atau 48 persen dari total populasi," kata Kepala Laboratorium Diagnostif Universitas Andalas, Andani Eka Putra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/1/2022). 

Andani mengatakan, data tersebut sinkron dengan peningkatan Positivity Rate (PR) dari 0,1, naik 0,4, 0,6, 0,8 dan 1 persen. 

"Hampir sama dengan data PR Jawa-Bali dan di atas non Jawa-Bali yang hanya 0,14 persen," jelas Andani. 

Menurut Andani, masyarakat tidak perlu panik, karena peningkatan vaksinasi menyebabkan klinis tidak terlalu berat, namun kita harus tetap waspada mengingat banyak lansia yang belum lengkap vaksinnya. Kemudian, Andani menyebutkan rumah sakit di Sumbar perlu disiapkan kembali, sebagai antisipasi awal. 

"Mohon tracing dibuat lebih baik, sehingga kontrol lebih mudah," kata Andani. 

Andani juga mengingatkan agar protokol kesehatan diatur dengan baik dengan mewajibkan mall, kantor atau bahkan pasar menggunakan aplikasi PeduliLindungi. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT