Awas! Varian Omicron Berpotensi Masuk ke Riau

Kamis, 27 Januari 2022 - 21:00:52 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ahli epidemiologi dr Wildan Hasibuan tak menampik bahwa Covid-19 varian Omicron bisa saja masuk ke Provinsi Riau. Hal itu terjadi karena beberapa faktor.

Salah satunya adalah tingkat mobilitas masyarakat Riau, khususnya Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau yang sangat tinggi.

"Khususnya Pekanbaru, ini diiringi dengan menurunnya disiplin protokol kesehatan. Kondisi ini tentu sangat berpengaruh terhadap potensi Omicron di Riau,” ucapnya, Kamis (27/1/2022).

Saat ini Jakarta dan pulau Jawa masih mendominasi penyebaran Covid-19 varian Omicron, dengan masih dibukanya pintu-pintu perbatasan baik melalui darat dan udara.

Tentu dengan masih dibukanya pintu perbatasan dari darat dan udara membuat mobilitas masyarakat melalui angkutan orang dari Ibu Kota Jakarta ke Riau juga cukup tinggi.

"Pada prinsipnya upaya pencegahan itu sama walaupun variannya berbeda. Yang penting masyarakat harus selalu diingatkan tentang disiplin terhadap protokol kesehatan, dan pemerintah juga harus terus menggalakkan vaksinasi supaya kekebalan komunal betul-betul kita dapatkan," himbaunya. ***
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT