Bahan Alami Ini Cerahkan Kulit Ketiak Hitam Membandel

Ahad, 23 Januari 2022 - 22:20:09 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Memiliki ketiak hitam memang bikin kurang percaya diri.  Ketiak hitam tidak hanya terlihat buruk, ini juga bisa meninggalkan kesan bahwa Anda kurang merawat diri.

Dilansir dari Healthline, kulit ketiak tak berbeda dengan bagian tubuh lain yang memang bisa berubah menjadi gelap. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ketiak Anda berubah menjadi gelap, seperti penggunaan deodoran, iritasi bekas cukuran, penumpukan sel kulit mati, gesekan karena pakaian yang terlalu ketat, gangguan kulit lain hingga penyakit addison yang meningkatkan hiperpigmentasi.

Meski demikian, ketiak hitam sebenarnya bisa dibersihkan atau dikembalikan warnanya seperti semula. Ada banyak bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna ketiak agar kembali cerah.

1. Kentang
Kentang yang biasa Anda makan ternyata memiliki kemampuan mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Anda bisa menggunakan parutan kentang, ambil bagian jusnya untuk dioleskan ke ketiak yang hitam. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Campuran susu, air mawar dan kulit jeruk

Gunakan satu sendok makan susu, satu sendok makan air mawar dan kulit jeruk yang sudah dihaluskan. Buatlah menjadi pasta kental dan gosokan ke ketiak. Diamkan selama 15 menit. Ulangi cara ini tiga kali seminggu.

3. Soda kue
Dilansir dari Times of India, Anda bisa mencampurkan soda kue dengan air hingga mengental. Oleskan ke ketiak tunggu beberapa menit dan bilas. Ulangi kegiatan ini sebanyak dua kali seminggu.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa kaya akan vitamin E. Pijat lembut ketiak dengan minyak kelapa setiap hari, biarkan selama lima belas menit sebelum membilasnya dengan air biasa.

5. Cuka apel
Cuka apel bisa menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit karena kandungan asam ringan yang ada di dalamnya. Cara menggunakan cuka apel untuk mencerahkan ketiak hitam adalah dengan mencampur dua sendok makan cuka apel dan baking soda. Oleskan ke ketiak dan biarkan selama lima belas menit, lalu bilas dengan air dingin.

6. Lidah buaya
Sifat antibakteri lidah buaya bisa menenangkan kulit yang meradang dan mencerahkan ketiak yang berubah warna. Dilansir dari Swirlster, oleskan lapisan gel dari batang lidah buaya pada ketiak Anda, biarkan mengering selama 10-15 menit. Bilas dengan air dan gunakan terapi ini setiap hari untuk hasil yang baik.

7. Timun
Mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral. Cukup gosokkan beberapa irisan mentimun pada ketiak yang berwarna gelap selama satu atau dua menit, biarkan jusnya tetap berada di kulit Anda selama 10 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi setiap hari. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT