Diet Berprotein Tinggi, Bantu Turunkan Berat Badan

Selasa, 18 Januari 2022 - 22:02:55 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Diet berprotein tinggi merupakan salah satu cara untuk membantu penurunan berat badan lebih maksimal. Konsumsi protein berkualitas tinggi akan memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan saat diet.

Protein merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan otot, kulit, hormon dan hampir semua bagian yang penting dalam tubuh. Nutrisi satu ini juga lama dicerna sehingga tubuh memerlukan energi lebih, oleh sebab itu bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

Konsumsi protein akan membuat perut kenyang lebih lama, karena saat tubuh mencernanya, mengeluarkan hormon yang menekan rasa lapar. Selain itu hormon tersebut juga memperlambat pencernaan sekaligus menstabilkan gula darah.

Untuk kamu yang diet berprotein tinggi, memilih kualitas makanan sangat penting diperhatikan. Protein sebaiknya didapat dari kombinasi hewani dan nabati.

Berikut ini pilihan makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi:

1. Dada Ayam
Dada ayam merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein tinggi. Sedikitnya terdapat 25 gram protein dalam 4 ons ayam. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti dipanggang, tumis atau dijadikan sup.

2. Telur
Seperti dilansir BBC Good Food, dalam satu butir telur ukuran medium mengandung sekitar 6 gram protein. Bahan makanan ini sangat fleksibel dan bisa diolah jadi berbagai macam makanan seperti omelette, scrambled egg, telur mata sapi maupun diberi bumbu khas Indonesia seperti telur balado dan telur gulai.

3. Susu Sapi
Susu dan produk makanan olahannya seperti keju dan yoghurt tinggi akan protein serta kalsium. Selain untuk diet, konsumsi susu juga baik bagi pemulihan tubuh setelah sakit. Tapi pastikan terlebih dahulu kamu tidak memiliki intoleransi laktosa, sehingga susu bisa lebih mudah dicerna tubuh.

4. Daging Sapi
Dalam 85 gram daging sapi yang telah dimasak mengandung setidaknya 22 gram protein, zat besi dan vitamin B12. Jika memungkinkan pilih daging sapi tanpa lemak atau hanya mengandung sedikit lemak.

5. Tempe
Produk olahan kedelai ini punya rasa yang lezat dan sumber protein. Dalam empat ons tempe mengandung 16 gram karbohidrat, 8 gram lemak dan 12 gram serat.

6. Alpukat
Alternatif makanan untuk diet berprotein tinggi dari nabati lainnya adalah alpukat. Buah dengan rasa gurih dan creamy ini tak hanya tinggi protein tapi juga kaya serat. Dalam satu butir alpukat ukuran sedang mengandung 4 gram protein.

7. Makanan Laut
Makanan laut seperti ikan-ikanan, kerang, udang, juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya saja ikan tuna, dalam 150 gram umumnya mengandung 39 gram protein. Selain kaya protein, tuna juga kaya akan omega-3, lemak sehat yang baik bagi jantung.

Diet berprotein tinggi memang efektif menurunkan berat badan secara sehat. Tapi jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya agar kesehatan tubuh tetap seimbang.

Konsumsilah makanan tinggi protein bersama makanan mengandung karbohidrat, serat, lemak, vitamin dan mineral. Selain itu yang tak kalah penting adalah mencukupi kebutuhan air putih minimal delapan gelas sehari. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT