4 Cara Ini Dapat Mencegah Saluran Air Tersumbat 

Selasa, 18 Januari 2022 - 20:27:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Penyumbatan saluran air adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan di rumah. Tetapi untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyumbatan bahkan sebelum menjadi masalah. 

Faktanya, dilansir dari Hunker, Selasa (18/1/2022) sebagian besar langkah pencegahan saluran air tersumbat yang dapat Anda lakukan cenderung mudah dan murah, antara lain berikut ini.  

1. Perhatikan sampah dan kotoran 
Penampungan sampah pada saluran air wastafel dapur memang bagus, tetapi tidak dimaksudkan untuk menangani tumpukan sampah yang besar.  

Penampungan ini dibuat untuk menangani sejumlah kecil sisa makanan, seperti beberapa daun pertama dari selada segar atau wortel sesekali.  Akan tetapi, gumpalan besar makanan, seperti semua sisa dari piring makan keluarga, sering kali terbukti terlalu banyak dan akhirnya menyebabkan penumpukan di saluran pembuangan atau saluran  air.  

Beberapa makanan tidak boleh dibuang ke tempat pembuangan sampah sama sekali. Makanan tersebut antara lain bubuk kopi, kulit kentang, kulit pisang, kulit telur, kulit jagung, pasta, dan kulit sayuran. Saat Anda menggunakan tempat pembuangan sampah, selalu pastikan Anda mengalirkan banyak air dingin ke saluran pembuangan. 

2. Hindari membuang minyak goreng 
Minyak goreng akan mengeras saat dingin, dan itu masalah besar jika itu terjadi di saluran air atau saluran pembuangan wastafel dapur atau bak cuci piring. Banyak orang berpikir tidak apa-apa menuangkan minyak goreng ke wastafel dapur selama menyiram saluran pembuangan dengan banyak air panas. Tapi ini sebenarnya mitos.   

Semua ini dilakukan adalah mendorong lemak lebih jauh di sepanjang pipa, membuat potensi penyumbatan semakin sulit dijangkau dan diperbaiki. Sebagai gantinya, simpan kaleng kopi bekas atau wadah lain dengan penutup. Tuangkan minyak goreng ke dalamnya saat Anda selesai memasak dan biarkan mengeras. 

Terus gunakan kaleng yang sama sampai penuh, lalu Anda bisa membuangnya ke tempat sampah, mendaur ulangnya, atau bahkan menggunakannya kembali di resep lain. 

3. Perhatikan penyumbatan karena rambut 
Terkadang, saluran pembuangan kamar mandi memiliki penumpukan rambut yang banyak. Dan beberapa orang tidak langsung membuangnya ketika melihatnya, padahal tumpukan rambut dapat menyumbat saluran air.  Jika Anda mengambil tisu dan membersihkan saluran pembuangan sekarang, Anda dapat mengatasi masalah ini secara mudah. 

Bila Anda mengabaikannya, hal itu mungkin akan lebih jauh ke saluran pembuangan dan menyebabkan penyumbatan besar dan tagihan pipa ledeng di kemudian hari. 

Jika Anda atau seseorang di rumah Anda memiliki rambut panjang, ada baiknya untuk mendapatkan penutup kasa kawat untuk saluran pembuangan bak mandi atau pancuran. Ini akan menangkap rambut sebelum sampai ke saluran pembuangan.  

4. Jaga kebersihan saluran air 
Saluran air dan pipa ledeng tidak akan pernah bersih, tetapi Anda dapat membantu menjaga saluran air Anda sebersih dan seterbuka mungkin dengan beberapa tips sederhana. 
Salah satunya adalah menuangkan sepanci air mendidih ke saluran pembuangan seminggu sekali. Air panas dapat membantu membersihkan banyak kotoran melalui sistem saluran air, termasuk sisa-sisa minyak goreng yang tidak lagi Anda tuangkan ke saluran pembuangan. 

Tip bermanfaat lainnya adalah menutup sumbat saluran pembuangan dan mengisi bak cuci Anda sampai penuh dengan air. Saat bak cuci penuh, tarik keluar sumbat dan biarkan bak cuci mengering.   

Tekanan air dari wastafel penuh dapat membantu mengeluarkan partikel kecil di pipa Anda dan membersihkannya. Anda juga dapat membersihkan pipa dengan menuangkan soda kue dan cuka putih dalam jumlah yang sama ke saluran pembuangan untuk membuat pembersih bersoda. Biarkan berbusa selama sekitar 10 menit dan kemudian siram saluran pembuangan dengan air dingin. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT