Gua Terdalam di Indonesia Ternyata Ada di Pulau Seram 

Selasa, 18 Januari 2022 - 20:07:14 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Menjelajah Indonesia tak hanya soal mengenal puncak tertingginya, namun juga bisa mengetahui tentang gua terdalamnya. Gua terdalam di Indonesia adalah Gua Hatusaka dengan kedalaman diperkirakan mencapai 424 meter dari bibir lubang masuk gua.

Lokasi gua vertikal ini ada di Taman Nasional Manusela Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Melansir laman ksdae.menlhk.go.id, gua vertikal ini menantang beberapa tim ekspedisi untuk menjelajah hingga dasar terdalam.

Hatusaka dijelajahi dan dipetakan pertama kali oleh tim ekspedisi goa gabungan dari Amerika, Inggris, Perancis dan Australia pada tahun 1996, namun baru berhasil mencapai dasar gua pada upaya kedua tahun 1998.

Kemudian pada tahun 2011, Acintyacunyata Speleological Club (ASC) juga melakukan percobaan pertama mencapai dasar Gua Hatusaka melalui kegiatan Ekspedisi Speleologi Seram namun terhenti di kedalaman 190 meter karena air sungai yang membanjiri lorong gua.

Berlanjut pada tahun 2016, tim ekspedisi gua dari Italia yang dipimpin oleh Andrea Benassi berhasil mencatatkan diri sebagai tim kedua yang mencapai dasar Gua Hatusaka dan memetakan satu segmen lorongnya. Tahun 2017 Mapala UI yang termotivasi oleh keberhasilan tim penelusur Italia, melakukan upaya mencapai dasar Gua Hatusaka namun gagal di kedalaman 220 karena banjir memasuki lorong goa.

Sederet ekspedisi tersebut membuat Balai Taman Nasional (BTN) Manusela merasa perlu melakukan ekspedisi guna mengungkap potensi dan karakteristik Gua Hatusaka secara lebih lengkap. Di tahun 2018, BTN Manusela menggandeng ASC, untuk mencatatkan sejarah orang Indonesia pertama di dasar gua terdalam ini.

Dari tanggal 3 - 6 Agustus 2018, tim penjelajah ASC melakukan ekspedisi dan berhasil menjadi tim Indonesia pertama yang mencapai dasar Gua Hatusaka. Ahmad Sya’roni dan A.B. Rodhial Falah adalah dua orang Indonesia pertama yang mencapai dasar Gua Hatusaka, gua terdalam di Indonesia.  

Kondisi Dasar Gua Hatusaka

Dari kegiatan ini akhirnya terungkap bahwa dasar Gua Hatusaka memiliki luas ruangan 90 meter x 62 meter dengan tinggi atap 180 meter. Dasar gua tidak tertembus cahaya matahari dan gelap gulita, dengan kondisi relatif datar. Di dalamnya ditemukan beberapa cacing, serangga, dan tanaman kecil berukuran sekitar 15 cm.

Walaupun bagian atas terutama di sekitar mulut gua merupakan hutan lebat namun tdi dasar gua hanya ditemukan serpih-serpih kayu berukuran kecil.

Diduga batang-batang kayu yang terbawa banjir hancur berkeping-keping menjadi serpihan kecil karena dalamnya dasar gua dan gerak turbulen air yang dahsyat di dasar goa. Hal ini yang membuat dasar Gua Hatusaka diibaratkan seperti blender raksasa karena apapun yang terbawa masuk ke dalamnya akan hancur berkeping-keping digilas pusaran air. [kmc-mtc]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT