5 Cara Terapi Uap untuk Mengatasi Hidung Tersumbat 

Senin, 17 Januari 2022 - 21:01:55 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Terapi uap adalah salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang praktis dijajal di rumah. Uap hangat dan lembap yang dihirup ini dapat mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas sekaligus meredakan pembuluh darah yang bengkak di hidung. Namun, perlu diingat bahwa terapi uap tidak dapat menyembuhkan infeksi. 

Tapi, Anda bisa bernapas lebih lega dan nyaman setelah terapi uap. Agar terapi ini efektif dan tidak berisiko, simak penjelasan langkah-langkahnya berikut ini. Cara terapi uap untuk mengatasi hidung tersumbat Melansir Healthline, sebelum terapi uap, siapkan dulu alat dan bahan; seperti mangkuk besar atau baskom kecil, air bersih, panci atau ketel untuk mendidihkan air, dan handuk kecil. 

Cara terapi uap untuk hidung tersumbat yakni: 

  • Panaskan air sampai mendidih 
  • Tuang air panas tersebut ke dalam mangkuk besar atau baskom kecil 
  • Tempelkan handuk di bagian belakang kepala agar uap air bisa mengarah ke wajah 
  • Tutup mata dan perlahan-lahan arahka wajah mendekat ke baskom atau mangkuk, atur jaraknya paling tidak 20 centimeter.
  • Mulai terapi uap dengan cara menarik napas perlahan dan dalam lewat hidung selama dua sampai lima menit 

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dengan terapi uap di atas bisa dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali sehari. 

Risiko terapi uap untuk hidung tersumbat Terapi uap umumnya aman apabila dilakukan dengan cara yang benar. Salah satu risiko terapi uap yakni cedera ketika Anda tidak berhati-hati menuang air panas ke dalam wadah. Ketika air panas mengenai kulit secara langsung, Anda bisa mengalami luka bakar. 

Untuk meminimalkan risiko luka bakar karena terapi uap, pastikan Anda cermat dan berhati-hati saat menuang air panas. Selain itu, pastikan juga mangkuk atau baskom air panas berada di permukaan yang rata, kokoh, dan tidak gampang tumpah. 

Hal yang perlu diperhatikan lainnya, pastikan Anda melakukan terapi uap dengan mata tertutup agar tidak terpapar hawa panas secara langsung. Jika Anda merasa tidak nyaman setelah menjajal terapi uap di atas, hidung terasa sakit, atau iritasi semakin parah, hentikan terapi uap. 

Cara mengatasi hidung tersumbat 

Selain terapi uap, ada sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dijajal di rumah. Dilansir dari WebMD, berikut beberapa di antaranya: Cuci hidung dengan air steril Konsumsi sup ayam atau minuman hangat seperti wedang jahe 

Minum obat hidung tersumbat dengan formula dekongestan 
Gunakan obat gosok di bagian dada Isap permen peppermint atau mentol Apabila berbagai cara mengatasi hidung tersumbat di atas, termasuk dengan terapi uap, sudah dicoba dan masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Terutama jika hidung tersumbat tak kunjung sembuh dan gejalanya masih parah selama seminggu. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT