PWI Riau Serius PTUN-kan Pemprov Riau

Senin, 11 Oktober 2010 - 15:24:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) RIau tetap serius melakukan gugatan ke Pemerinta Provinsi Riau melalui Dinas Komunikasi Informasi Pengolahan Data Elektronik (Komnfo PDE) terhadap putusan penetapan calon KPID Riau, yang rencananya akan dilantik 14 Oktober mendatang.

Demikian disampaikan Wakil Ketua PWI Riau Satria Utama Batubara menanggapi rencana pelantikan tujuh orang KPID Riau dalam minggu ini. Gugatan akan disampaikan bila PWI Riau sudah mengetahui nonor SK penetapan sebagai landasan hukum gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Bagaimanapun PWI Riau tidak akan mundur dalam menyikapi kesalahan prosedur tahapan seleksi yang dilakukan Dinas Kominfo PDE beberapa waktu lalu. Menurutnya, memang, gugatan yang akan disampaikan menyangkut adanya calon yang lulus merupakan mempunyai latar belakang sebagai kader partai politik.

Tapi, subtansi yang sebenarnya, PWI ingin membatalkan SK yang telah diterbitkan dan ditandatangani Gubernur Riau. Kalau pada proses hukum pengadilan membatalkan SK, maka otomatis akan membatalkan secara keseluruhan. Sehingga bila ada asumsi yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo PDE bahwa mempersilakan adanya gugatan menyangkut keterlibatan adanya kader partai dan menyerahkan sepenuhnya ke proses hukum tanpa harus mengganggu jadwal pelantikan.

Menurutnya, masalah itu sah-sah saja, tapi kesalahan itu diakui sejak awal tanpa melakukan perubahan saat tahapan dilakukan. Karena, SK yang terbit tidak terlepas dari tahapan seleksi yang jelas telah menyalahi aturan. Kominfo PDE telah mengabaikan informasi masyarakat maupun media tentang adanya calon yang lulus administrasi maupun seleksi yang terbukti merupakan kader partai. Dan itu tekesan telah diabaikan oleh Dinas Kominfo PDE dan melepas tanggung jawab dengan menilai itu merupakan kewenangan anggota dewan. Ini terkesan dua jajaran lepas tangan dan melempar tanggungjawab.

"Kita melakukan gugatan bukan karena tidak lulusnya calon yang kita rekomendasikan, tapi kita hanya meluruskan aturan yang telah dibuat. Selama ini kita belum mengekpose masalah ini karena kita menunggu nomor SK yang akan diterbitkan Gubernur Riau. Dalam hal jelas kita tidak main-main dan serius sesuai keputusan pengurus PWI," ungkap Satria yang juga Wakil Ketua Bidang Kesra PWI Riau itu.

Kepala Dinas Kominfo PDE H Ahmad Syah HArrofie mengaku pelantikan ketujuh KPID tetap dilakukan dan sudah ditandatangani Gubernur Riau. Saat ini dirinya tengah menunggu waktu yang tepat dan kesediaan Gubernur Riau untuk melakukan pelantikan yang sudah terlalu molor. [**/mtc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT