Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Begonia Mengering 

Ahad, 02 Januari 2022 - 23:38:11 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com- Ketika daun tanaman hias kesayangan berubah warna coklat dan mengering, tentu ini akan jadi hal yang membuat Anda panik dan khawatir. Tapi, hal ini terjadi bukan tanpa alasan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan daun begonia mengering. 

Penting untuk menganalisis lebih lanjut penyebab daun begonia mengering, berikut penjelasannya dilansir dari Bloomscape pada Minggu (02/01/2022). 

  • Begonia menyukai kelembapan yang konsisten

Jangan biarkan lebih dari setengah bagian atas tanah mengering. Begonia tidak menyukai tanah yang basah atau terendam air, jadi pastikan untuk membuang air yang terkumpul di piring setelah disiram. 

Apakah tanah benar-benar kering? Berikan rendaman yang baik dengan menyiram bagian bawah. 

  • Meningkatkan kelembapan akan membantu mencegah daun begonia mengering. 

Meskipun biasaya direkomendasikan untuk mengaburkan tanaman Anda, Polka Dot Begonia Anda adalah pengecualian. Begonia rentan terhadap embun tepung yang dapat terjadi jika daunnya tetap basah. Tidak apa-apa untuk mengaburkan area di sekitar tanaman Anda, tetapi jangan menyemprotkan langsung ke daun dan menghindari daun basah saat menyiram. 

  • Terbakar sinar matahari 

Jika Anda menyimpan begonia di lokasi yang menerima sinar matahari langsung menyengat, itu dapat menyebabkan daun terbakar dan mengering. Tempatkan Begonia Anda di lokasi yang menerima cahaya tidak langsung yang terang. Di sebelah jendela timur bagus, tetapi jika jendela Anda menghadap ke selatan atau barat, letakkan beberapa meter dari jendela. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT