5 Ramalan Bill Gates Soal Corona dan Jagat Metaverse

Senin, 13 Desember 2021 - 22:19:33 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bill Gates baru saja menuliskan catatan akhir tahun di blog pribadinya, Gates Notes. Tidak hanya merefleksi apa yang terjadi sepanjang tahun 2021, ia juga memberikan prediksinya untuk masa depan.

Sejak beberapa dekade yang lalu, Gates pernah beberapa kali memberikan ramalannya tentang masa depan dunia teknologi. Pada tahun 1987, co-founder Microsoft ini dengan akurat memprediksi bahwa layar datar akan mendominasi abad 21. Tapi Gates juga meyakini kartu kredit akan jadi barang langka pada tahun 2007 dan itu masih belum jadi kenyataan.

Lalu apa yang dilihat Bill Gates akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan? Berikut lima prediksinya, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (13/12/2021).

1. Pandemi COVID-19 akan berakhir tahun depan
Prediksi pertama Gates merupakan kabar baik. Ia meyakini bagian terburuk dari pandemi akan berakhir pada tahun 2022.

Pria berusia 66 tahun ini mengatakan munculnya varian delta dan tantangan distribusi vaksin sempat menyulitkan proses pemulihan. Meski kehidupan belum akan kembali normal seperti sebelumnya, Gates yakin 2022 akan jadi tahun yang lebih baik.

"Saya yakin, bahwa ujungnya sudah di depan mata. Mungkin bodoh untuk membuat prediksi lainnya, tapi saya pikir fase akut pandemi akan berakhir pada tahun 2022," tulis Gates.

2. Rapat akan pindah ke metaverse
Sama seperti Mark Zuckerberg dan Facebook, Bill Gates rupanya juga meyakini perkembangan metaverse sudah di depan mata. Menurutnya teknologi baru ini akan mengubah cara kita bekerja dan rapat sehari-hari.

"Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan kebanyakan rapat virtual akan pindah dari barisan gambar 2D -- yang saya sebut model Hollywood Squares, meski saya tahu itu membuat saya terlihat tua -- ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital," kata Gates.

"Idenya adalah kalian akan menggunakan avatar untuk bertemu dengan orang di ruang virtual yang meniru pengalaman berada di ruang fisik dengan mereka," sambungnya.

3. Diagnosis kesehatan bisa dilakukan di rumah
Layanan telemedicine jadi semakin populer di tengah pandemi karena orang-orang bisa dengan mudah menghubungi dokter lewat aplikasi. Menurut Bill Gates, layanan seperti ini akan semakin ditingkatkan di masa depan.

Ia mencontohkan bagaimana dokter bisa memiliki alat untuk mengukur tekanan darah pasien dari jarak jauh, atau bagaimana dokter bisa melihat data medis pengguna yang dikumpulkan lewat smartwatch.

"Ini semua adalah kemungkinan yang bisa jadi nyata di masa depan, dan saya ingin tahu bagaimana ini bisa mengubah layanan kesehatan," ucapnya.

4. Tes darah untuk diagnosa Alzheimer
Perkembangan teknologi untuk kesehatan sepertinya merupakan salah satu fokus Gates. Ia mengaku optimis metode tes darah untuk mendiagnosa penyakit seperti Alzheimer akan disetujui tahun depan.

"Meskipun ini tidak akan menjadi gamechanger untuk orang-orang yang sudah menderita penyakit -- yang saat ini tidak ada obatnya atau bahkan cara untuk memperlambat -- tes ini akan mempercepat progres dalam upaya untuk menemukan penyembuhnya," kata Gates.

5. 2022 jadi tahun normal baru
Meski Gates meyakini bagian terburuk pandemi akan berakhir tahun depan, di akhir tulisannya ia mengatakan dunia tetap akan hidup di tengah normal baru.

"Saya rasa 2022 akan menjadi tahun di mana banyak di antara kita akan beradaptasi dengan normal baru pasca pandemi," kata Gates.

"Bagi saya, itu berarti lebih sering ke kantor saat kasus COVID mudah-mudahan turun," pungkasnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT