Inilah 6 Fakta Menarik Tentang Kucing Persia 

Sabtu, 11 Desember 2021 - 20:17:55 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com- Selain anggora, kucing persia merupakan jenis kucing peliharaan favorit di Indonesia. Jenis kucing ini memiliki bentuk tubuh dan karakter yang menggemaskan, tak heran kalau kucing persia sudah menjadi kucing peliharaan favorit sejak ratusan tahun yang lalu. 

Melansir dari The Spruce Pets, Sabtu (11/12/2021), Kucing persia dikenal dengan wajah dan hidung yang rata, mata yang besar dan bulunya yang panjang. Selain penampilannya yang menarik, kucing ini juga dikenal karena asal-usulnya yang misterius dan perubahan genetik yang menyebabkan persia memiliki flatnose. 

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk memelihara kucing persia, sebaiknya kenali dulu karakter salah satu kucing ras tertua di dunia ini. 

Secara umum persia diyakini berasal dari Mesopotamia, yang kemudian dinamai Persia atau yang sekarang dikenal dengan Iran. 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan jika susunan genetik Persia sangat mirip dengan kucing yang berasal dari Eropa barat. Teori lain yang dipercaya ialah seorang bangsawan Italia bernama Pietro della Valle membawa beberapa kucing persia ke Eropa barat sepulangnya dari Iran. 

Teori serupa mengatakan kalau kucing dibawa oleh pedagang dan pelaut yang percaya kalau kucing dibawa dalam pelayaran untuk keberuntungan. 

Memiliki beragam jenis dan warna Jika kamu membayangkan kucing persia, yang kamu pikirkan pasti kucing dengan bulu panjang berwarna putih yang ikonik dengan warna mata biru cerah. Namun, ternyata kucing persia datang dari berbagai warna seperti abu-abu, oranye, hitam dan warna belang. Selain itu persia juga memiliki beberapa jenis yaitu peaknose, himalaya, flatnose dan medium. 

Memiliki bulu lebat dan panjang Kucing persia memiliki memiliki 2 lapisan bulu, dimana lapisan bawah lebih pendek dan lapisan atas yang panjang dan halus. Jika kamu memutuskan untuk memelihara kucing persia, itu artinya kamu juga sudah berkomitmen dengan bulu panjang dan lebat mereka yang membutuhkan perawatan lebih. Jika tidak disisir secara rutin, bulu-bulu persia yang rontok tentu akan menempel di perabotan dan juga baju mu. 

Tidak seperti kucing ras lainnya yang bisa dengan gesit melompat ke tempat tinggi, kucing persia tidak memiliki kemampuan melompat yang baik. Tubuhnya yang padat dan besar tidaklah aerodinamis dan gesit. Kucing persia biasanya lebih nyaman untuk menghabiskan waktunya di lantai. 

Perawatan yang mudah Kucing persia memiliki image sebagai kucing diva atau kucing mahal, namun sebenarnya perawatan persia cukup murah dan mudah jika dilakukan secara rutin. Sebaiknya lakukan grooming dengan memandikan untuk mencegah bulu kotor akibat tanah dan debu. Beberapa orang juga suka memotong bulu persia menjadi lebih pendek dan menyerupai singa. 

Kucing favorite bangsawan dan artis Karena karakter kucing persia yang tenang dan manja dengan bulu yang lebat, banyak tokoh terkenal yang memilih kucing persia sebagai hewan peliharaan mereka. Beberapa pemilik kucing persia yang terkenal adalah Ratu Victoria, Florence Nightingale yang memiliki lebih dari 60 kucing dalam hidupnya, dan Marilyn Monroe dengan kucing persia putih bernama Mitsou. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT