Cara Membuat Chiffon Cake Anti Kempis dan Mengembang 

Cara Membuat Chiffon Cake Anti Kempis dan Mengembang 

Metroterkini.com - Bahan dasar chiffon cake adalah tepung terigu protein rendah, telur, gula, dan minyak. Bedanya dengan kue lain, putih telur dikocok terpisah dari bagian kuningnya agar putih telur bisa mengembang sempurna. 

Cara ini akan menghasilkan kue dengan tekstur empuk dan tidak kempis. Selain itu, masih ada sejumlah tips membuat chiffon cake agar hasilnya mengembang dan tetap utuh saat sudah dingin. 

Pasalnya, terkadang kue terlihat mengembang saat baru matang tetapi menjadi kempis ketika sudah dingin. 

1. Kocok adonan putih telur tidak sampai kaku 
Campuran putih telur dan gula dikocok menggunakan mikser sampai mengembang agar menghasilkan meringue atau busa. Beberapa resep menuturkan untuk mengocok sampai kaku atau soft peak. Namun, kamu dapat mencoba mengocok putih telur sampai cukup mengembang, lembut, dan tidak sampai kaku. 

Cara ini akan menghasilkan busa yang lebih stabil dan menghindarkan dari over-whipping. Pasalnya, kalau terlalu lama mengocok busa bisa membuat kue menjadi kempis. 

2. Gunakan air soda 
Adonan selanjutnya yang perlu dibikin terdiri dari kuning telur, air, minyak, dan tepung. Kamu dapat mengganti air biasa dengan air soda. Soda membantu adonan menjadi lebih ringan dan menghasilkan udara yang membuat kue lembut. 

3. Pakai terigu protein rendah 
Adonan chiffon cake mengandung kelembapan tinggi sehingga penting menggunakan tepung terigu serbaguna protein rendah. 

Kalau memakai terigu dengan protein lebih tinggi akan membuat kue padat dan keras. 

4. Gunakan balloon whisk 
Setelah adonan tepung selesai dibuat, saatnya menambahkan 1/3 adonan putih telur. Sebaiknya gunakan balloon whisk untuk mencampur kedua adonan. 

Apabila menggunakan alat lain dapat membuat adonan kempis. Kemudian campur menggunakan spatula dengan perlahan sampai kedua adonan menyatu. 

Cara mencampurnya adalah dengan melipat adonan. Hindari mencampur terlalu lama. Lihat Foto Ilustrasi chiffon cake keju untuk sajian acara spesial seperti Natal. 

5. Pakai tube pan 
Tube pan merupakan loyang berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengah. Loyang jenis ini umumnya tidak antilengket. Loyang yang tidak antilengket membantu adonan mengembang saat dipanggang. Selain itu, tidak perlu olesi loyang dengan minyak. 

6. Balik loyang kue saat pendinginan 
Setelah kue sudah matang, jangan langsung dikeluarkan dari loyang. Biarkan sampai dingin. Cara mendinginkan chiffon cake yang benar adalah membalik loyang untuk mencegah kue kempis dan mempertahankan bentuknya. [**]


 

Berita Lainnya

Index