Trail Listrik E-Tactical, Motor Khusus Dibuat untuk Militer

Kamis, 25 November 2021 - 21:14:50 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang, jadi ajang unjuk gigi para produsen kendaraan listrik. Termasuk PT LEN (Persero), perusahan sub-klaster industri pertahanan di bawah koordinasi Kementerian BUMN. 

LEN turut memamerkan motor listrik buatannya dengan konsep adventure. Baca juga: Hyundai Kona Electric Mejeng di IEMS 2021 Dengan basis motor trail, kendaraan ramah lingkungan ini ditujukan untuk keperluan militer. Diberi nama E-Tactical, motor ini masih prototype. Tapi, rencananya diproyeksi untuk kendaraan dinas Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Dendy Ariadiputra, Staff Humas PT LEN Industri (Persero), mengatakan, motor ini kegunaannya untuk tim sergap. Dendy mengatakan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebutnya Tim Senyap. 

"Kita buat patroli atau apapun yang dilakukan oleh militer. Bisa juga untuk melakukan pengawalan," ujar Dendy, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Sementara ini, E-Tactical masih dalam tahap pengembangan. Tapi, rencananya di pertengahan 2022 sudah bisa diproduksi. 

"Kelebihannya, motor ini terintegrasi dengan hand-out yang kita buat juga. Dia akan terintegrasi melalui Battle Management System (BMS). Jadi, bukan motor listrik biasa," kata Dendy. 

Saat ini, LEN dengan bengkel motor custom Studio Motor sebagai partner pembuatan motor ini masih terus melakukan finalisasi semua aspek dari kendaraan. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT