Inilah 8 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan 

Rabu, 24 November 2021 - 00:05:38 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Manfaat daun mint tak sekadar sebagai penyegar napas atau menambah rasa makanan dan minuman, tetapi juga berkhasiat bagi kesehatan.

Manfaat daun mint untuk kesehatan bisa didapatkan dengan berbagai cara, seperti menambahkannya sebagai rasa pada minuman atau menu makanan seperti sup, salad, atau menu ayam.

Beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan antara lain:

1. Meredakan gejala flu

Manfaat daun mint untuk kesehatan termasuk meredakan gejala flu. Mentol-komponen kimia di dalam mint, dapat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan iritasi tenggorokan terkait dengan flu biasa.

Menurut MedicineNet, manfaat daun mint untuk kesehatan termasuk meredakan gejala flu. Mentol -komponen kimia di dalam mint, dapat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan iritasi tenggorokan terkait dengan flu biasa. Mentol juga bisa melonggarkan lendir sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Mengoleskan salep mentol atau gosok uap bisa menjadi pilihan perawatan yang aman dan efektif untuk anak-anak yang menderita flu biasa.

Asosiasi Paru-paru Amerika (ALA) menyebutkan belum ada studi ilmiah yang mendukung penggunaan mentol untuk mengatasi gejala pilek.

Meskipun demikian, beberapa orang mungkin menemukan bahwa gejala pilek berkurang setelah menggosokkan mentol.

2. Mendukung kesehatan otak

Manfaat mint untuk kesehatan lainnya adalah meningkatkan kesehatan otak. Menurut WebMD, sebuah studi menemukan ekstrak mint memiliki potensi untuk mengobati gejala Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Studi lain menemukan bahwa mencium peppermint dapat meningkatkan memori dan meningkatkan kewaspadaan, meskipun tidak diketahui apakah menelannya memiliki efek yang sama.

3. Membantu meredakan alergi

Potensi manfaat daun mint untuk kesehatan termasuk membantu meredakan alergi. Tanaman mint mengandung zat antioksidan dan anti-inflamasi yang disebut asam rosmarinic.

Menurut Medical News Today, sebuah studi terhadap tikus di 2019 menemukan bahwa asam rosmarinic dapat membantu mengurangi gejala asma, jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menerimanya.

Di samping itu, menurut ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Pharmacology di 2019, keluarga tanaman mint menyediakan berbagai senyawa tanaman dengan efek anti-alergi. Kandungan ekstrak mint dalam minyak dan salep mungkin jauh lebih kuat daripada mint diet.

Selain itu, penelitian tentang manfaat daun mint terhadap kesehatan berkaitan dengan gejala alergi masih sedikit.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat daun mint untuk kesehatan lainnya adalah membantu meningkatkan kesehatan pencernaan karena kemampuannya dalam merangsang enzim saliva. Sebuah studi di 2013 menunjukkan bahwa mentol juga dapat meringankan diare, yang dapat membantu orang dengan sindrom iritasi usus (IBS). Itulah mengapa kita banyak menemukan mentol dalam obat untuk masalah pencernaan.

5. Menyegarkan napas

Salah satu manfaat daun mint untuk kesehatan yang paling populer adalah menyegarkan napas. Sebab, daun mint memiliki sifat pembasmi kuman yang dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari mulut yang membantu mengatasi bau mulut.

6. Meredakan mual

Manfaat daun mint untuk kesehatan juga termasuk meredakan mual. Kita bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengunyah daun mint, makan permen mint, atau permen karet mint.

7. Meredakan sakit kepala

Selain meredakan mual, manfaat daun mint untuk kesehatan lainnya adalah membantu meredakan sakit kepala. Itulah mengapa, kita banyak menemukan balsem berbasis mint untuk membantu meredakan sakit kepala.

8. Meredakan stres

Aroma mint yang menyegarkan dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi kecemasan dan depresi. Demi mendapatkan manfaat daun mint untuk kesehatan yang satu ini, kita bisa mengonsumsinya, menghirupnya sebagai uap, atau diteteskan di bantal saat tidur di malam hari.

Daun mint aman untuk digunakan oleh kebanyakan orang dan mengonsumsinya jarang menimbulkan efek samping. Alergi terhadap daun mint juga jarang terjadi, meskipun kemungkinannya tetap ada. Namun, daun mint mungkin dapat memicu gejala alergi asma pada orang yang alergi terhadapnya.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Thoracic Disease menunjukkan bahwa mint dapat memicu gejala penyakit refluks gastroesofageal. [kompas]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT