Bahan Dapur Ini Bisa Membuat Tampilan Awet Muda 

Sabtu, 20 November 2021 - 21:42:58 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tampil awet muda adalah dambaan semua orang. Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa menggunakan bantuan bahan-bahan dapur dari tanaman herbal.  

Herbal sendiri adalah adalah tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat untuk kesehatan, selain juga memiliki manfaat bagi ruang dapur. 

Berbagai bahan herbal ternyata bisa digunakan membuat penampilan awet muda atau lebih muda dari usia yang sesungguhnya. Properti vitamin dan antioksidan di dalam bahan dapur ini bisa digunakan menyehatkan kulit sehingga kerutan tak muncul lebih dini.  

Berbagai bahan dapur di bawah ini bisa digunakan rutin setiap hari untuk membuat penampilan Anda selalu awet muda. 

1. Basil 
Properti dalam tanaman basil bisa mencegah atau meminimalkan efek dari proses penuaan juga efek dari paparan sinar matahari.

Sinar ultraviolet bisa merusak kulit, menjadikan kulit kering, terbakar, dan berwarna lebih gelap. 

Untuk mengatasi hal ini, rendam daun basil dalam air hangat hingga tekstur daunnya menjadi lembut dan bisa dibuat pasta. Kemudian campurkan lumatan daun basil dengan tepung dan madu. Oleskan merata pada kulit, tunggu beberapa menit baru bilas dengan air hangat. 

2. Kayu manis 
Kayu manis memiliki properti anti aging yang bisa mencegah kerusakan kolagen dan keelastisan kulit. Untuk menggunakannya, gunakan bubuk kayu manis yang sudah dicampur madu hingga membentuk pasta dan oleskan merata ke wajah. Diamkan selama 10 menit baru bilas dengan air hangat. 

3. Jahe 
Melansir dari Times of India, jahe disebutkan memiliki properti anti aging dan antiinflamasi yang bisa mereduksi efek-efek dari penuaan. Lihat Foto Jahe mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk merawat wajah agar tak dihiasi terlalu banyak kerutan, parut jahe kemudian campurkan dengan minyak zaitun dan brown sugar. Oleskan merata ke wajah, diamkan selama beberapa saat, bilas hingga bersih. 

4. Ginseng 
Sudah ratusan tahun ginseng dikenal sebagai bahan herbal yang bisa mengurangi efek-efek penuaan. Antiinflamasi dan antibakteri di dalam ginseng efektif mencegah problema-problema kulit yang terjadi akibat paparan radikal bebas. 

Cara penggunaannya, ambil satu sendok bubuk ginseng dan campurkan dengan secangkir air hangat. Dengan menggunakan kapas, oleskan larutan merata ke seluruh wajah. Diamkan semalaman, baru bilas bersih keesokan paginya. 

5. Oregano 
Oregano yang ada di dalam dapur biasanya berupa daun kering yang digunakan untuk memberi cita rasa pada pizza juga spaghetti. Di dalam oregano ada antioksidan dan flavanoid dalam takaran tinggi yang bisa efektif melindungi wajah dari kerusakan akibat paparan radikal bebas atau proses penuaan. 

Untuk melindungi wajah, gunakan minyak esensial oregano yang dicampur dengan minyak zaitun. Gunakan larutan tersebut untuk memijat wajah selama beberapa menit, kemudian biarkan semalam suntuk. Paginya, bilas wajah dengan air hangat. 

6. Rosemary 
Properti antioksidan dalam rosemary juga efektif digunakan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Panasnya sinar ultraviolet bisa membuat wajah memiliki garis-garis halus juga kerutan yang bisa mengurangi sempurnanya penampilan. Untuk penggunaannya, rebus rosemary dengan air bersih yang sudah dicampur satu sendok cuka apel. 

Dinginkan hingga suhunya mencapai suhu ruang, baru masukkan ke botol semprot. Gunakan larutan ini sebagai toner wajah. Anda bisa memilih perawatan menggunakan satu dari 6 bahan dapur di atas. Jika dilakukan rutin, bahan dapur di atas bisa efektif mereduksi garis halus, kerutan, bercak cokelat, dan berbagai gangguan kulit karena efek penuaan. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT