Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Sidak Saat Hari Libur

Jumat, 19 November 2021 - 00:38:29 WIB
Share Tweet Instagram

Advertorila - Bupati H. Zukri dan Wakilnya H. Nasarudin, pada hari libur tetap bekerja dengan melakukan sidak meninjau jalan yang rusak. Peninjauan kali ini, Bupati Zukri melihat kondisi genangan air yang disebabkan oleh belum adanya draenase atau drainase tersumbat.

Kepada Plt Kadis PUPR Pelalawan MD Rizal dan Kepala Bappeda Syahrul, turut mendampungi H Zukri menyebut, ini prioritas dan besok Senin harus dimulai pengerjaannya.

Saat di lokasi terlihat Zukri memberikan tanda silang pada titik-titik yang harus segera diperbaiki. Tanda itu menggunakan cat semprot warna merah. Pada kesempatan itu, bupati juga melihat lokasi rencana pengaspalann jalan sepanjang 2,5 Km di Pangkalan Kerinci. Pekerjaan pengaspalan ini, akan dilakukan pada tahun 2021 ini.

Akibat minimnya ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai, banyak potensi daerah yang belum dapat dikembangkan secara optimal. Kondisi sarana jalan yang menjadi akses perhubungan di Kabupaten Pelalawan hingga setakat ini masih banyak yang memprihatinkan.

Bupati Pelalawan H. Zukri dan Wakilnya H. Nasarudin, dalam salah satu programnya membangun Pelalawan, pembangunan dan peningkatan infrastruktur menjadi prioritas dan digesa pelaksanaannya guna mendorong perekonomian daerah dalam rangka terwujudnya kesejahteraan masyarakat Pelalawan yang menjadi harapan dan cita-cita bersama. Makanya, potensi pembangunan ditingkatkan melalui bantuan APBD Provinsi Riau dan APBN.

Sebagaimana tertuang dalam Visi Misi 2001-2006 pasangan ini yang bertekad terwujudnya ‘Pelalawan Maju’. Di antaranya Maju Infrastuktur melalui pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan, Maju Wisata & Budaya dengan mengembangkan pariwisata daerah berbasis partisipasi masyarakat dan budaya Melayu sebagai perekat negeri.

Dalam membangun sarana dan prasarana di daerah, Pemkab Pelalawan menyadari tidak bisa hanya bergantung pada kekuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) daerah semata. Sebab, biaya yang dibutuhkan untuk infrastrukur saja sangat besar, sementara anggaran daerah terbatas.

Selain itu, keberadaan perusahaan swasta yang cukup banyak beroperasi di wilayah Kabupaten Pelalawan dapat dimanfaatkan dan diharapkan berkontribusi dalam membangun infrastruktur di daerah melalui program Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Apalagi infrastruktur di daerah selama ini juga menjadi akses transportasi dunia usaha dalam menjalankan operasionalnya. Sebab, sebagaimana dikatakan Bupati H. Zukri,  semua pihak perlu bersinergi untuk mewujudkan pembangunan berkeadilan di seluruh wilayah Kabupaten Pelalawan.

Salah satu infrastruktur jalan yang melibatkan dukungan perusahaan adalah jalan poros Ukui menuju Kerumutan mengalami kerusakan parah, hal ini disebabkan jalan tersebut menjadi akses mobilisasi kendaraan berat bagi perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Ukui, Pangkalan Kuras, Kerumutan, Bandar Petalangan dan Teluk Meranti.

Bupati H. Zukri meminta kepada perusahaan yang memakai aksas jalan itu diminta kesanggupannya untuk membangun jalan. Apalagi, jalan yang bakal dibangun perusahaan juga ikut menikmati. Sementara bagi perusahaan yang didesak membangun badan jalan tidak di lintasi tapi di nikmati masyarakat, pemerintah daerah akan menentukan titiknya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT