Batas Konsumsi Gula Penderita Diabetes Menurut Ahli 

Kamis, 18 November 2021 - 22:19:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Penderita diabetes harus membatasi sejumlah asupan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tidak memburuk. Salah satunya adalah asupan gula harian. 

Menurut Dr Toto Sudargo, M.Kes, Ahli Gizi UGM, penderita diabetes umumnya hanya diperbolehkan mengonsumsi satu sendok makan gula per hari. 

"Maksimal itu satu hari hanya satu sendok makan. Maksimal. Kalau kita ingin nyaman gitu," tutur Toto dikutip dari Kompas.com, Rabu (17/11/2021). 

Takaran satu sendok makan gula bukan hanya berasal dari gula utuh, seperti gula pasir dan gula merah, melainkan mencakup total gula dalam semua sajian. 

"Sumber gula bukan hanya gula pasir tetapi dari buah, dari serealia. Itu cukup banyak kandungan gulanya," kata Toto. 

Penderita diabetes dengan kondisi tertentu bisa saja mengonsumsi gula lebih dari satu sendok makan per hari. 

"Kita biasanya minum gula pasir satu sendok makan tetapi pada hari itu kita kelelahan dan sebagainya sehingga pusing dan lemas sekali, itu bisa nambah setengah sendok lagi. Jadi sangat situasional gitu," jelas Toto. 

Toto menyarankan, penderita diabetes sebaiknya memiliki pendamping untuk mengetahui apakah orang tersebut butuh tambahan gula harian atau tidak. 

"Paling ideal adalah orang di rumah ada pendamping yang mengingatkan, 'kamu kelihatan lemas ya', ini ditambahin saja gulanya, misalnya seperti itu," kata Toto. 

Penderita diabetes yang tidak dapat mengontrol kebutuhan gula harian pribadi dan tidak memiliki pendamping untuk mengontrol asupan hariannya, bisa memperburuk penyakit tersebut. 

"Kalau obesitas dan gula darahnya tinggi memang kita harus ketat. Makanya ada penderita diabetes yang terkontrol dan tidak terkontrol kan gitu, yang terkontrol ada kontrol ahli gizi, dipantau gula darahnya akan dilihat," ujar Toto. 

Penderita diabetes yang tidak bisa mengontrol asupan gula harian, bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi atau hiperglikemia. 

"Kalau kebanyakan gula jelas jadi hiperglikemia. Itu gula di atas 600 kan bisa shock langsung bisa sudden death ya kan akibatnya meninggal," tutur Toto. 

Sementara jika penderita diabetes kekurangan asupan gula harian, bisa menyebabkan kadar gula menjadi rendah atau hipoglikemia. "Penderita diabetes tuh biar tidak hipoglikemia juga tetap mengonsumsi makanan yang ada gulanya tetapi asal tidak berlebihan tadi kan repot sekali," pungkasnya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT