Bupati HM Adil Buka Pelatihan UMKM 4.0 Meranti Digipreneur

Bupati HM Adil Buka Pelatihan UMKM 4.0 Meranti Digipreneur

Metroterkini.com - Pelatihan UMKM 4.0 Meranti Digipreneur ditaja oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Meranti bekerjasama dengan Keroncongantar Inkubator Creative yang dilaksanakan pada hari Senin (8/11) di Gedung Hijau Kantor Bupati Kepulauan Meranti. 

Dalam laporannya Plt. Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Meranti Syahril, SE, M.Si menyampaikan Pelatihan UMKM 4.0 Meranti Digipreneur bertujuan menciptakan pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berbasis digital, membuka gerbang pemasaran bagi UMKM Kabupaten Kepulauan Meranti pada jagat online agar produk-produk UMKM Meranti mampu bersaing pada pasar global. 

Syahril menyampaikan bahwa berdasarkan data UMKM, sampai dengan tahun 2021 berjumlah 8.696 UMKM yang tersebar seluruh Kecamatan yang bergerak di 17 jenis sektor usaha seperti pertanian, perikanan, perdagangan besar dan eceran dan lainnya. 

Syaril juga melaporkan bahwa pelaksanaan anggaran Pelatihan UMKM 4.0 Meranti Digipreneur ini bersumber dari APBD Perubahan Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2021, waktu pelaksanaan mulai dari tanggal 08 November 2021 sampai dengan 11 Desember 2021, dengan peserta  berjumlah 500 orang yang akan dibagi kedalam 10 kelas. Bertempat di Gedung lama Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Jalan Dorak Selatpanjang. 

CEO Ary Nugrah menyampaikan bahwa sesuai misi Keroncongantar menghadirkan Inkubator Creative sebagai upaya untuk menciptakan serta mendorong munculnya digipreneur baru serta mensupport brand lokal untuk lebih dapat mengepakkan sayap di market digital dan terciptanya pemerataan ekonomi lewat digital.

Ary sangat menyambut baik kolaborasi yang dilakukan bersama Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti. "Ini sebuah langkah konkret dan solusi Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menjawab keinginan masyarakat Meranti." Ungkapnya.

"Pelatihan UMKM 4.0, Meranti Digipreneur menjadi harapan hadirnya entrepreneur baru serta brand lokal asal Meranti yang dapat menjangkau pasar yang lebih luas yang berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat Meranti." Pungkas Ary yang juga mentor 1000 startup digital itu.

Direktur Keroncongantar Inkubator Creative, Yuhaya Lisera mengatakan bahwa nanti Pelatihan UMKM 4.0 Meranti Digipreneur ini akan menghadirkan materi dengan narasumber expert untuk melatih peserta.

“Mulai dari mindset berusaha di era digital, riset produk, visualisasi foto produk yang menjual, copywriting, memanfaat social media sebagai jaringan pemasaran hingga manfaat toko online sebagai basis penjualan di internet akan diberikan kepada peserta meranti digipreneur nantinya” Ungkap Yuhaya yang juga alumni Teknologi Informasi UIN Suska Riau ini.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH menyampaikan bahwa Salah satu tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah hari ini adalah pesatnya perkembangan teknologi. Oleh karenanya para pelaku UMKM haruslah mampu menyesuaikan dan beradaptasi dengan tantangan yang ada. [adv]

Berita Lainnya

Index