HPS 2021, Wabup Indra Gunawan Apresiasi Petani Rohul

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:56:50 WIB
Share Tweet Instagram

Wabup Rokan Hulu, H. Indra Gunawan Saat Panen Raya Pada Peringatan HPS 2021

Metroterkini.com - Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) atau World Food Day jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Kali ini dengan mengangkat tema " Pertanian Meningkat, Pangan Aman Di Tengah Pandemi Krisis Global ". Untuk mewujudkan penguatan ketahanan pangan di sektor pertanian, diperlukan peran serta masyarakat berpartisipasi aktif dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Melihat kondisi itu, Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Indra Gunawan atau akrab disapa Ujang Lurah mengajak kepada seluruh masyarakat ikut berperan menjaga ketahanan pangan guna memenuhi kebutuhan dengan memanfaatkan sumber daya alam Rohul yang melimpah.

Harapan itu disampaikannya usai mengikuti Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat nasional secara virtual dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang dipusatkan di Provinsi Jawa Barat.

Sementara peringatan HPS di tingkat Kabupaten dipusatkan di hamparan Wisata Sawah Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (25/10/2021).

Acara tersebut turut dihadiri Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul Admiral SP, Kadis DKPP Rohul Barikun SP, Kadis Parbud Rohul H. Syofwan S.Sos, Sekretaris Kominfo Rohul Zulfikri S.Sos M.Si, Camat Rokan IV Koto Alfarid SP, Kabid Tanaman Pangan Zulfikar SP.

Lanjut Wabup, peringatan hari pangan sedunia kali ini merupakan momentum untuk selalu bersyukur atas rahmat dan karunia Allah Tuhan Yang Maha Esa. Pasalnya, hamparan bumi Rohul diberikan kesuburan dan kekayaan alam yang dapat  menghasilkan sumber pangan beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

" Terima kasih kepada seluruh petani Rohul. Ke depan, Pemkab akan mendorong dan mendukung modernisasi pertanian guna mewujudkan pembangunan ketahanan pangan menuju swasembada pangan ," harap Wabup.

Diakui Wabup peran petani berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pangan khususnya disektor persawahan di Rohul. Pasalnya, luas lahan sawah di Rohul mencapai 1.757,5 hektar. Dengan luas tanam periode Oktober 2021  tercatat seluas 1.669, 25 hektar. 

Sementara luas panen sampai dengan Oktober 2021 mencapai 2.920,75 hektar setara dengan 16.421,59 Ton gabah kering produksi dengan Produktivitas 56,22 kg/ha.

"Kedepannya untuk mengoptimalkan lahan dan hasil persawahan di Rohul, kita (Pemkab) selalu mensupport kepentingan petani, seperti bantuan bibit unggul, peralatan pertanian, pupuk, sarana dan prasarana akan kita bantu," ucapnya.

Tambah Wabup, Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini juga sebagai momentum untuk mengevaluasi dan menginovasi sektor pertanian, khususnya sarana prasaran dan kesejahteraan para petani.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul Admiral, SP mengatakan peringatan hari pangan sedunia tahun ini sebagai inovasi di sektor pertanian

Dijelaskan Admiral, selain jenis padi Infari Zinc, pada tahun 2021 Pemkab Rohul juga mengalokasikan padi jenis hibrida dengan luas lahan 1.065 hektar dengan jumlah benih yang dibantu 25 kg/hektar.

"Sementara padi jenis Inpari Zinc seluas 245 hektar. Rokan IV Koto dapat 90.25 ha, Rambah Hilir 154,75 ha (sudah panen 105,25 ha dengan produksi 547,55 Ton," terang Admiral.

Untuk mengoptimalkan hasil panen petani, Admiral mengaku akan mengusulkan alat pasca panen dalam upaya mewujudkan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura di Rohul seperti, UV Driyer (Pengering padi), RMU (Penggering padi), Packing Greeding (alat pengemasan), Husker Polisher (Pemutih beras) dan Paddy Repair (Alat panen Padi).

"Pemkab Rohul akan memfasilitasi dengan memberikan penyuluhan kepada petani, untuk sarana dan prasarananya kita usulkan bantuan dari APBN dan APBD Provinsi," pungkasnya.[man]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT