Kenali Penyebab Kucing Anda Mogok Makan 

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 23:25:09 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com- Kucing tiba-tiba mogok makan adalah hal yang umum. Namun, tak jarang kucing mogok makan karena alasan kesehatan yang serius. Agar tidak salah langkah, sebaiknya ketahui dulu faktor dan penyebab kucing tiba-tiba mogok makan. 

Melansir dari The Spurce Pets pada Sabtu (23/10/2021) berikut lima penyebab kucing berhenti makan. 

Penyakit pernafasan 
Masalah pernapasan dapat memengaruhi indera penciuman atau kemampuan bernapas kucing dan menyebabkan hilangnya nafsu makan. 

Penyakit pernapasan bagian atas dapat menyumbat hidung dan mata kucing dengan kotoran yang mengakibatkan hilangnya atau membatasi penglihatan dan penciuman kucing sehingga ia tak mau makan. 

Masalah pernapasan ini mungkin dapat diatasi dengan beberapa antibiotik sederhana. Terlepas dari masalah pernapasan, jika penyakit tersebut membuat kucing Anda tidak dapat mencium bau makanannya, ini bisa jadi penyebab ia tidak mau makan. 
Penyakit sistem pencernaan 
Masalah dengan perut, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing dapat menyebabkannya berhenti makan. 

Kucing Anda mungkin juga muntah dan mengalami diare atau sakit perut di samping masalah pencernaan. Namun biasanya, penurunan nafsu makan akan menjadi salah satu tanda awal adanya masalah pada sistem pencernaan. 

Masalah dapat berkisar dari refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus, dan masalah lainnya. 

Bosan
Alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan lain bisa saja karena merasa bosan, menemukan tetesan makanan, atau bisa masalah kesehatan serius.

Beberapa kucing suka makan sesuatu yang tidak boleh mereka telan atau mengembangkan bola rambut, yang semuanya dapat tersangkut di perut atau usus. 

Benda asing yang tersangkut pada kucing Anda kemudian disebut sebagai obstruksi. Obstruksi tidak akan membiarkan makanan melewati saluran pencernaan dan karena itu kucing Anda mungkin muntah, lalu kemungkinan besar berhenti makan. 

Sakit gigi 
Gigi dan gusi yang sakit atau sakit dapat menyebabkan kucing Anda berhenti makan. Kucing dapat mematahkan giginya, mengembangkan lesi resorptif pada giginya, lalu membuat giginya meradang sehingga membentuk abses gigi dan menyebabkan sakit mulut. 

Sama seperti manusia, kucing Anda mungkin tidak mau makan jika mulutnya sakit. Namun, masalah gigi mungkin sulit didiagnosis pada kucing, dan dokter hewan perlu membius hewan peliharaan Anda untuk mngetahui penyebabnya. 

Masalah pada makanan 
Setidaknya ada sejumlah hal dari makanan yang menyebabkan kucing berhenti makan di antarnya rasa makanan, tekstur makanan, makanan yang kadaluarsa hingga makanan basi. 

Oleh sebab itu, cek dulu makanan kucing sebelum diberikan pada hewan berbulu kesayanganmu. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT