Olah Kulit Buah Naga Jadi Makanan, Ini Caranya

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 18:31:04 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Buah naga tentu sudah tidak asing bagi kita. Buah naga sering ditemui pada rak buah di supermarket maupun di pasar. Buah naga sering dijadikan minuman seperti jus yang dicampur dengan buah lainnya. 

Tidak hanya itu, buah naga juga sering dijadikan salah satu buah yang dicampur dalam sop buah. 

Dilansir dari Healthline, buah naga merupakan buah tropis asli dari Meksiko dan Amerika Tengah. 

Selain identik dengan warna merah, buah naga juga identik dengan sisiknya yang runcing di sekitar buah berbentuk oval. Umumnya yang sering diolah dari buah naga ini adalah buahnya tetapi kulit buah naga juga dapat diolah. 

Chef Wira Hardiyansyah menjabarkan beberapa olahan kulit buah naga dalam Live Instagram Foodplace “Ubah Sisa Jadi Rasa”, Kamis (21/10/2021). Lihat Foto Ilustrasi olahan buah naga. 

1. Selai 
Olahan kulit buah naga pertama yaitu dapat dijadikan sebagai selai. Selai kulit buah naga ini dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk camilan. Camilan tersebut seperti roti, pancake, hingga isian donat. Selain itu, bisa juga dijadikan seperti isian nastar. 

Ketika dibuat menjadi selai, kulit buah naga bisa direbus terlebih dahulu. Walaupun direbus, ini tidak mengurangi kandungan vitamin yang ada. 

2. Teh 
Kulit buah naga juga bisa dijadikan sebagai teh. Teh kulit buah naga bisa disajikan dalam bentuk dingin ataupun panas. 
Dilansir dari Kompas, kulit buah naga dijemur terlebih dahulu baru setelah itu direbus. Hasil rebusan inilah yang kemudian menjadi teh kulit buah naga. 

3. Smoothies atau jus 
Smoothies kulit buah naga ini diolah dari bahan makanan yang belum habis terpakai seperti, pisang, mangga, kuli buah naga dan sisa biskuit.

Minuman jus atau smoothies buah naga umumnya hanya menggunakan buahnya saja. Ternyata selain buahnya, bisa juga menggunakan kulitnya saja atau bahkan mencampurkan keduanya. 

Apabila hanya menggunakan kulit buah naga, maka sebaiknya ditambahkan gula atau buah yang manis seperti pisang. Walaupun menggunakan kulit, tidak mengubah rasa dan aroma buah naga. Perbedaannya hanya pada tekstur buahnya yang lebih manis daripada kulitnya. 

4. Bahan tumisan 
Tidak hanya dijadikan olahan minuman atau selai, ternyata ada juga sebagian orang yang menggunakan kulit buah naga untuk ditumis. Jika digunakan untuk menumis, maka kulitnya direndam terlebih dahulu dengan air garam. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT