Benarkah Torpedo Kambing Tingkatkan Libido Pria?

Kamis, 21 Oktober 2021 - 23:48:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Beberapa makanan dianggap dapat meningkatkan gairah seks atau libido pria. Salah satu yang telah lama dipercaya dapat meningkatkan vitalitas, keperkasaan, hingga libido pria adalah torpedo kambing. Namun, benarkah torpedo kambing bisa meningkatkan libido pria? Berikut penjelasan ahli.

Dokter estetik dan seksolog, Haekal Anshari mengatakan tidak ada bukti ilmiah torpedo bisa meningkatkan gairah seks pria. Kepercayaan ini muncul di masyarakat karena bentuk torpedo memang mirip dengan alat kelamin pria.

Hal itu lantas menjadi kepercayaan yang terus dan tetap dipegang teguh oleh sebagian besar orang.

"Makanan ini dianggap sebagai makanan afrodisiak maka muncul efek plasebo atau kita kenal dengan istilah sugesti," kata Haekal seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (21/10).

Efek sugesti ini membuat pria yang mengonsumsi torpedo merasa lebih bersemangat untuk melakukan hubungan seksual. Padahal, lanjut Haekal, sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan torpedo kambing ampuh sebagai pembangkit libido pria.

Sebaliknya, libido atau gairah seksual dipengaruhi oleh hormonal, organ fisik dan pembuluh darah serta sistem saraf yang sehat.

"Juga rangsangan seksual yang diterima dari pasangan, daya tarik fisik, hingga pengalaman seksual sebelumnya," kata dia.

Haekal kemudian menyebut konsumsi makanan sehat lebih memengaruhi kemampuan seksual. Beberapa di antaranya yakni yang mengandung asupan omega 3, zinc, vitamin B5, B6, kalium, magnesium, hingga zat besi.

Menurutnya, pemenuhan gizi ini berpengaruh terhadap kesehatan tubuh hingga kemampuan seksual seseorang.

Haekal juga mengingatkan, meski mengemban kepercayaan makan torpedo bisa meningkatkan libido, pria sebaiknya tak terlalu sering mengonsumsi makan tersebut.

Apalagi, jika torpedo diolah dengan bumbu yang mengandung garam tinggi atau digoreng yang menggunakan minyak berlebih. Pasalnya, ini justru bisa memicu masalah kesehatan seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.

"Hati-hati juga bagi mereka yang menderita asam urat tinggi, karena terlalu berlebihan konsumsi daging akan semakin memperberat penyakit asam urat," ujarnya.  [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT