Tips Merawat Bunga Episcia agar Rimbun dan Sehat 

Kamis, 21 Oktober 2021 - 16:36:30 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bunga episcia merupakan genus tumbuhan berbunga asal Afrika yang memiliki tampilan daun seperti beludru dan terdapat bulu-bulu kecil.  Bunga dari famili Gesneriaceae ini merupakan tanaman hias menggantung yang sangat menyukai berada di tempat teduh. 

Jika berencana merawat bunga episcia, ada beberapa cara perawatan untuk membuat tanaman rimbun dan subur. Dikutip dari kanal YouTube Mama Celin, Kamis (21/10/2021), berikut tips merawat bunga episcia agar tumbuh rimbun dan sehat.  

Lakukan penyiraman secukupnya 
Untuk bunga episcia yang lebat, lakukan penyiraman secukupnya setiap dua hari sekali. Namun, untuk bunga episcia yang masih kecil atau masih anakan, lakukan penyiraman secukupnya setiap tiga hari sekali. Tak berbeda jauh pada tanaman hias umumnya, penyiraman yang terlalu berlebihan dan sering dapat membuat bunga episcia busuk.  

Beri pupuk NPK 16-16-16 
Untuk pemupukan bunga episcia, kamu bisa memberikan pupuk NPK 16-16-16 setiap seminggu sekali. Pengaplikasian pupuk NPK 16-16-16 ke bunga episcia dilakukan dengan cara dikocor alias melarutkan pupuk dan menyiramkannya ke tanaman. 
Masukkan satu sendok makan pupuk NPK 16-16-16 ke delapan liter air, lalu aduk hingga pupuk larut dengan air.  

Larutan pupuk NPK 16-16-16 bisa langsung disiram ke masing-masing media tanam bunga episcia. Saat menyiramkan larutan pupuk NPK 16-16-16, usahakan tidak mengenai daun tanaman. 

Biasanya, delapan liter larutan pupuk NPK 16-16-16 bisa untuk menyiram 18 pot bunga episcia, jadi kamu perlu menyesuaikannya.   

Perhatikan media tanam 
Dikutip dari kanal YouTube Ras Family, bunga episcia memerlukan media tanam yang bersifat lembap karena tanaman hias ini menyukai kondisi lembap. Kamu bisa mencampurkan tanah dan lumut gambut untuk dijadikan sebagai media tanam bunga episcia.  

Beri sinar matahari yang cukup 
Episcia membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, tetapi paparan jangka panjang dari sinar matahari langsung memiliki efek negatif. 

Letakkan bunga episcia pada tempat yang mendapatkan cahaya terang, tapi tidak secara langsung. Bila bunga episcia tidak mekar, bisa jadi tanaman kurang mendapat cukup cahaya. Kamu dapat meletakkan bunga episcia di sekitar dekat jendela yang cukup terang dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT