Motor Bermesin V-Twin Mirip Harley-Davidson, Ini Harganya

Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:10:43 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Motor dengan gaya crusier yang suaranya menggelegar memang identik dengan motor Harley-Davidson, suara itu keluar dari mesin V-twin yang menjadi ciri khas.

Dua hal yang menjadi ciri khas Harley-Davidson tersebut, menjadi daya tarik motor China yang diberi nama Benda BD300. Motor ini diyakini akan menjadi saingannya Royal Enfield.

Dikutip VIVA Otomotif, Selasa 19 Oktober 2021, Benda menggabungkan tampilan klasik ala Royal Enfield, dengan desain kekar yang menjadi ciri khas Harley-Davidson. Posisi berkendaranya ideal digunakan di jalan raya, baik jarak dekat maupun jauh.

Wujudnya mirip dengan Harley-Davidson Forty-Eight, di mana dimensinya tidak besar namun dibekali roda lebar. Kombinasi tersebut diperkuat dengan mesin berkapasitas cukup besar.

Benda BD300 ini sudah mendapat sedikit revisi dari render sebelumnya, seperti model knalpot tipe split dengan head dan muffler di kedua sisi motor, desain tangki bensin dan spakbor pun sudah direvisi.

Sebelumnya yang terpasa setang datar bergaya dragster, kini motor cruiser ini dibekali setang yang agak naik, dengan menggunakan setang seperti itu membuat posisi berkendara lebih nyaman dan ergonomi. Ditambah pijakan kaki dibuat lebih lebar, agar pengendara bisa merasa nyaman saat touring jauh.

Walaupun bergaya retro tapi dengan menggunakan lampu LED, tampilan motor bisa lebih terlihat lebih modern, panel instrumen layar TFT. Jantung pacu BD300 berasal dari mesin dua silinder V-twin, berpendingin air, dengan kapasitas meisn 300cc atau lebih tepatnya 298 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 30 daya kuda serta torsi maksimum 26 Newton meter.

Tenaga dan torsi ini ditransfer ke roda belakang lewat girboks manual 6-percepatan, untuk mempermudah perpindahan gigi, tersemat fitur slipper clutch. Komponen lain yang membuat tampilan motor ini menjadi kokoh adalah suspensi depannya, yang sudah menganut model upside down.

Motor ini juga dibekali teknologi anti-lock braking system atau ABS sama seperti roda depan. Motor ini dipasarkan di negara asalnya, dengan harga 20,7 ribu Yuan atau setara Rp46 jutaan. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT