Tips Ubah Kamar Tidur Sempit Agar Lebih Nyaman

Senin, 18 Oktober 2021 - 19:53:19 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Punya kamar tidur yang berukuran kecil seringkali memengaruhi kenyamanan saat tidur. Padahal, kamar tidur adalah ruangan untuk kita bebas beristirahat, mengekspresikan diri, maupun melakukan hobi. Solusinya ternyata bisa diatasi dengan pemilihan furnitur dan tata letak yang efektif.

Dalam keterangan resmi IKEA, Kamis (14/10), kamar tidur yang sempit tetap dapat dibuat nyaman. Kuncinya adalah dengan menghindari penempatan furnitur di semua sisi ruangan. Pastikan furnitur yang dipilih memenuhi tujuannya dengan baik. Bagaimana caranya?

1. Gunakan cat dinding berwarna putih atau netral

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cat dinding. Pilih dan gunakan cat dinding dengan warna terang seperti putih, cream, atau pastel. Warna-warna tersebut merupakan warna dasar paling aman dan mudah untuk dipadupadankan dengan warna serta tekstur perabot lain.

Warna terang bersifat memantulkan cahaya secara luas dan rata, sehingga kamar tidur akan terasa lebih luas dan terang. Sebaliknya, hindari hitam atau warna gelap lainnya yang bersifat menyerap cahaya. Warna gelap akan membuat kamar tidur terasa lebih sempit. Selain itu, warna-warna cerah memiliki kesan lembut dan cocok untuk kamu yang tidak berani untuk memberikan banyak warna atau gambar pada dinding rumah.

2. Pemilihan Tempat Tidur

Pilihlah tempat tidur klasik yang hemat ruangan dan berwarna cerah. Kasur merupakan center dari kamar tidur, jadi kita perlu pintar untuk memilih jenis rangka tempat tidur hingga linen set yang digunakan. Seperti warna dinding tadi, pilihlah produk-produk berwarna netral dan cerah. Tempatkan juga kasur di salah satu dinding, hal ini akan memberikan ruang lebih dan menjadikan kamar tidur kamu tidak terlihat sumpek.

Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan ruang di bawah kasur untuk menyimpan barang-barang seperti sepatu, tas, dan peralatan lain. Simpan dan tata rapi barang-barang tersebut dalam storage box atau basket dengan warna senada dengan keseluruhan kamar tidur.

3. Gunakan Lemari Multifungsi

Anda dapat menggunakan lemari serbaguna dengan headboard. Lemari multifungsi umumnya memiliki kabinet tertutup untuk lemari pakaian dan headboardatau rak untuk menyimpan barang-barang yang tidak ingin terlihat atau sebaliknya justru menjadi tempat untuk memajang aksesoris dan dekorasi kamar tidur.

Maksimalkan ketinggian dinding di kamar tidur agar dapat menciptakan ruang penyimpanan yang efisien. Kuncinya, kamu harus memilih tipe lemari dan rak yang ingin digunakan dan menyesuaikannya dengan bentuk ruang kamar serta banyaknya barang yang Anda miliki.

4. Pemilihan Lampu Dinding

Pencahayaan sangat penting untuk menghadirkan suasana kamar tidur yang nyaman. Manfaatkan natural lighting saat siang hari dan lampu yang menempel di atap atau dinding ketika matahari telah terbenam. Lupakan lampu meja atau lampu lantai, jika Anda ingin menambahkan pencahayaan untuk melakukan aktivitas sebelum tidur di kamar tidur yang kecil, kamu bisa mempertimbangkan lampu dinding.

Lampu tidur dinding sangat cocok untuk kamar tidur dengan luas terbatas. Selain menjadi penerang di malam hari, lampu tidur dinding dengan desain cantik juga dapat berfungsi sebagai dekorasi. Jangan lupa, pilih lampu tidur yang bisa diredupkan sehingga Anda dapat menyesuaikan tingkat pencahayaan dengan aktivitas.

5. Tambahkan Dekorasi

Sentuhan terakhir untuk memberikan kesan kamar tidur yang fresh, Anda juga dapat menambahkan tanaman hias. Namun, jika kamu merasa kesulitan untuk merawat tanaman hias asli, Anda bisa pilih tanaman tiruan. Ukurannya yang kecil dan tidak memakan banyak tempat, dapat menjadi pilihan praktis untuk menyulap kamar tidur terlihat lebih segar dan cantik. [mtc]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT