Pelaku Usaha di Meranti Akan Ikuti Pelatihan UMKM

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 22:23:04 WIB
Share Tweet Instagram

Kabid Koperasi dan UKM Eko Priyono bersama dengan Bupati Kepulauan Meranti HM Adil

Metroterkini.com - Bila tidak ada aral melintang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Kepulauan Meranti akan menggelar Pelatihan.

Pelatihan yang khususkan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) itu direncanakan akan dilaksanakan pada 25 Oktober hingga 27 November 2021 mendatang.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM Eko Priyono SE bahwa dimana dalam pelatihan tersebut nantinya ada kuota sebanyak 500 peserta. 

"Pelatihan itu nantinya tentang bagaimana pengelolaan sebuah usaha hingga tahap pemasaran," terangnya, pada Sabtu (16/10/2021) sore melalui via telpone.

Dimana sejauh ini untuk sistem perektutan, pihaknya sudah menyebarluas informasi baik itu secara estafet ke masyarakat serta brosure pendaftaran yang dibagikan melalui media sosial.

"Nanti dalam pendaftaran, calon peserta akan diarahkan melalui google form pendaftaran melalui link yang sudah tertera dibrosure," ungkap Eko.

Dirinya juga menuturkan bahwa, calon peserta yang telah memiliki usaha (masuk dalam UKM, red) akan menjadi prioritas dalam pelatihan tersebut nantinya.

"Yang tidak punya usaha itu tetap kita ambil dan kita seleksi, kalau seandainya kuota yang kita tentukan masih ada yang kosong. Karena selain memiliki usaha, juga ada syarat lainnya, salah satunya usia 17 - 35 tahun," tuturnya.

Dijelaskn Eko Priyono, sejauh ini pihaknya tengah melakukan perekapan data pada calon peserta pelatihan, dimana sudah ada sebanyak 700an pendaftar. Namun sayangnya dari jumlah tersebut hanya 245 calon peserta yang memiliki usaha.

"Ya saya cek tadi malam jumlah calon peserta yang memiliki usaha hanya sedikit, jadi masih ada setengah lebih kuota yang belum terisi," jelasnya.

Dituturkan Eko, pelatihan bagi pelaku usaha yang dilaksanakan perdana ini merupakan langkah program kerja Bupati Kepulauan Meranti HM Adil untuk menciptakan 9500 wirausaha.

"Dan ini juga Satu-satunya pelatihan yang akan memberikan kepada peserta aplikasi pemasaran sehingga pelaku usaha kecil dapat mempromosikan produknya," tuturnya.

Disamping itu, Dirinya berharap agar dalam kegiatan pelaksanaan pelatihan bagi pelaku usaha tersebut dapat berjalan dengan sesuai dengan rencana, serta dapat memberikan dampak positif bagi peserta untuk mengembangkan usahanya.

"Agar nantinya para peserta yang ikut dalam pelatihan nantinya benar benar mengikuti dengan baik dan agar nantinya dapat mengimplementasikan sewaktu pelatihan dikehidupan usahanya," harapnya. [Wira]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT